Jumat, 05 Mar 2021
radarbanyuwangi
Home > Genteng
icon featured
Genteng

Masih Terdampak Abu Raung, Aktivitas Penerbangan Belum Normal

23 Februari 2021, 09: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

TERGANGGU ABU RAUNG: Petugas memeriksa kondisi pesawat Citilink yang menunda penerbangan di Bandara Banyuwangi.

TERGANGGU ABU RAUNG: Petugas memeriksa kondisi pesawat Citilink yang menunda penerbangan di Bandara Banyuwangi. (DEDY JUMHARDIYANTO/RABA)

Share this          

BLIMBINGSARI – Baru beroperasi beberapa hari, aktivitas penerbangan  di Bandara Banyuwangi kembai ditutup sejak Jumat (19/2) dan kembali dibuka Minggu (21/2) pukul 09.00. Pembukaan penerbangan berdasarkan notice to airmen (notam) yang dikeluarkan oleh Otoritas Bandara Udara III Surabaya. Meski baru dibuka pada pukul 09.00 Minggu (21/2), ada enam jadwal penerbangan yang dibatalkan.

Enam penerbangan yang dibatalkan semuanya dari maskapai Citilink, yakni tujuan Jakarta-Banyuwangi (PP), tujuan Surabaya-Banyuwangi (PP) dan Banyuwangi-Denpasar (PP). “Ada enam jadwal penerbangan yang batal akibat dampak sebaran abu vulkanik raung,” ungkap Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara Banyuwangi Cin Asmoro.

Menurut Cin, penutupan sementara bandara dilakukan sejak pukul 10.00 hingga pukul 16.00 pada Jumat (19/2) dan diperpanjang hingga Sabtu, (20/2). Sekadar diketahui, aktvitas di Bandara Banyuwangi sempat tidak beroperasi akibat sebaran abu vulkanik Gunung Raung sejak Minggu (7/2) hingga Minggu (14/2). Setelah sempat beroperasi normal selama enam hari, bandara ditutup kembali pada Jumat (19/2).

Bandara Banyuwangi tidak beroperasi lagi karena sebaran abu vulkanik Gunung Raung. Sebelumnya, hampir satu minggu bandara tidak melayani penerbangan dengan sebab yang sama.

Bandara Banyuwangi terletak di sisi tenggara Gunung Raung dengan jarak sekitar 35 km. Gunung Raung mengalami erupsi kecil sejak 21 Januari. Sejak saat itu, gunung setinggi 3.332 kerap mengembuskan abu vulkanik. (ddy/aif)

(bw/ddy/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news