Jumat, 05 Mar 2021
radarbanyuwangi
Home > Genteng
icon featured
Genteng
Tiang Listrik ”Pencabut Nyawa” Jalan Wiroguno

Hari Ini DPRD Panggil Pemkab dan PLN

22 Februari 2021, 14: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

FREESTYLE: Sepanjang Jalan Wiroguno kerap dipakai  balap liar maupun atraksi berkendara dari kalangan anak muda.

FREESTYLE: Sepanjang Jalan Wiroguno kerap dipakai balap liar maupun atraksi berkendara dari kalangan anak muda. (SHULHAN HADI/RaBa)

Share this          

GAMBIRAN - Kecelakaan maut di Jalan Wiroguno mendapat perhatian serius dari Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Ruliyono. Politisi asal Glenmore itu menyatakan, tiang listrik yang berdiri di tengah jalan raya perlu segera dipindah. Dia minta tidak perlu saling menyalahkan dalam persoalan ini. “Pembuatan jalan anggarannya dari daerah, sedangkan pemindahan tiang listrik anggarannya dari PLN,” katanya.

Ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi itu menyebut, DPRD tidak bisa menganggarkan untuk pemindahan tiang listrik. Jika itu dilakukan, maka itu akan menyalahi prosedur. “Kalau kita anggarkan di APBD, kita yang salah,” ujarnya.

Agar permasalahan ini tidak berkepanjangan dan mejadi bola liar di tengah masyarakat, DPRD melalui komisi IV  akan memanggil Pemkab Banyuwangi dan PLN. Dalam pertemuan itu diharapkan akan ada jalan keluarnya. “Kita sudah titip kepada ketua Komisi IV, Senin (hari ini) dipanggil semua,” cetusnya.

Ruliyono menyatakan, jika pemindahan tiang listrik itu tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat, maka perlu pengadaan lampu penerangan jalan umum (LPJU) di sekitar lokasi tiang listrik di tengah jalan itu. Sehingga, itu akan membuat aman pengguna jalan pada malam hari. “Di lokasi tiang tengah jalan itu penerangan minim, perlu ada LPJU,” tegasnya.

Selain itu, jelas dia, di Jalan Wiroguno yang baru dibangun itu perlu didirikan posko atau penjagaan. Tugas penjaga di posko itu, mengabarkan pada setiap pengguna jalan ada tiang listrik. “Pemkab dan pemerintah kecamatan perlu koordinasi terkait posk penjagaan ini,” harapnya.

Camat Tegalsari Satrio melalui Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Bintang RB Putra mengatakan di sekitar tiang listrik tengah jalan sangat dibutuhkan LPJU. Dan itu, juga tidak sulit karena sudah ada kabel listriknya. “Bisa langsung disambungkan,” ujarnya  seraya menyebut untuk pos penjagaan perlu diadakan bila pemindahan tiang masih lama. (sli/abi)

(bw/sli/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news