Jumat, 05 Mar 2021
radarbanyuwangi
Home > Genteng
icon featured
Genteng

Burung Rangkong Terbang Bebas di Pasar Pesanggaran

21 Februari 2021, 10: 10: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

BERTENGGER: Burung rangkong tak bertuan bertengger di kabel listrik sekitar Pasar Pesanggaran, kemarin (19/2).

BERTENGGER: Burung rangkong tak bertuan bertengger di kabel listrik sekitar Pasar Pesanggaran, kemarin (19/2). (SHULHAN HADI/RaBa)

Share this          

PESANGGARAN – Seekor burung rangkong, tertangkap pandangan mata terbang rendah di sekitar Pasar Pesanggaran, Desa/Kecamatan Pesanggaran, kemarin (19/2). Burung berparuh besar tersebut, seolah tak takut dengan warga, terbang dan hinggap di keramaian pasar.

Menurut Rendi, 31, juru parkir (jukir) di depan minimarket Pasar Pesanggaran, burung ini terlihat sejak dua minggu ini. Biasanya satwa lindung itu terbang dan hinggap di sekitar pasar. Belum diketahui secara pasti, siapa pemilik burung itu. “Katanya milik orang belakang pasar, sering terbang di sini,” katanya.

Warga di sekitar pasar, terang dia, mengetahui jika burung tersebut termasuk jenis dilindungi. Sehingga, mereka tidak ada yang mau mengganggu atau menangkapnya. “Warga tahu itu satwa dilindungi, jadi dibiarkan saja,” terangnya.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Banyuwangi, Purwantono mengatakan satwa tersebut jenis burung yang dilindungi. Untuk itu, keberadaannya dilindungi undang-undang. “Itu dilindungi, tidak boleh dipelihara,” jelasnya.

Untuk melacak burung itu, pihaknya akan menerjunkan tim untuk memeriksa keberadaan burung yang kini terbang bebas di sekitar Pasar Pesanggaran tersebut. “Perlu dicek di lapangan,” terangnya.(sli/abi)

(bw/sli/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news