Jumat, 05 Mar 2021
radarbanyuwangi
Home > Genteng
icon featured
Genteng

Bermain Layangan di Dekat Sutet

24 Januari 2021, 06: 25: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

RESIKO TINGGI: Anak-anak bermain layang-layang di persawahan yang berdekatan dengan Sutet di dekat BBI, Dusun Kaliputih, Desa Kembiritan, Kecamatan Genteng, kemarin (22/1).

RESIKO TINGGI: Anak-anak bermain layang-layang di persawahan yang berdekatan dengan Sutet di dekat BBI, Dusun Kaliputih, Desa Kembiritan, Kecamatan Genteng, kemarin (22/1). (SHULHAN HADI/RaBa)

Share this          

JawaPos.com – Meski berulang kali terjadi pemadaman aliran listrik akibat layang-layang, tapi kesadaran masyarakat untuk tidak bermain layangan di sekitar jaringan listrik masih rendah.

Salah satu lokasi di daerah Kecamatan Genteng yang cukup diminati para penghobi layang-layang, itu di persawahan dekat Balai Benih Ikan (BBI), Dusun Kaliputih, Desa Kembiritan, Kecamatan Genteng.

Di persawahan itu setiap hari sering dibuat bermain layangan. Padahal, berdekatan dengan jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet). “Itu menjadi tantangan bagi petugas kita di lapangan untuk menyampaikan,” cetus manajer ULP PLN Genteng, Arief H. Putro.

Arief mengaku sudah hampir setiap hari melakukan patroli ke daerah-daerah. Tapi, masih ada titik yang berbahaya dibuat untuk main laying-layang. “Tenaga kita di lapangan itu juga terbatas,” dalihnya.

Untuk sosialisasi pada masyarakat agar tidak bermain layangan di dekat jaringan listrik, ia sudah melakukan kerjasama dengan jajaran forpimka dan pemerintah desa. Tapi, meski sudah terbangun sinergi tapi masih ada masyarakat yang bermain laying-layang. “Sepertinya karena ada unsur pademi, untuk cari hiburan bermain layangan,” ungkapnya.

Selain itu, masih kata dia, masih banyak warga yang bermain layangan di sekitar jaringan listrik, karena sebatas imbauan dan sosialisasi. Jika didukung peraturan yang tegas, kemungkinan mengarahkan masyarakat dalam bermain layang-layang lebih mudah. “Kalau ada peraturan yang kuat seperti perda, akan sangat membantu,” cetusnya.(sli/abi)

(bw/sli/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news