Jumat, 05 Mar 2021
radarbanyuwangi
Home > Genteng
icon featured
Genteng

Ungsikan Warga jika Terjadi Semburan Magma

23 Januari 2021, 20: 45: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Ungsikan Warga jika Terjadi Semburan Magma

(Grafis: Reza/RaBa)

Share this          

JawaPos.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi mengantisipasi kemungkinan terburuk dampak erupsi Gunung Raung pasca naik ke level II atau waspada. BPBD akan berkoordinasi dengan TNI dan Polri sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) terkait tanggap bencana.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi Eka Muharam mengatakan, pihaknya sudah memetakan lokasi yang terdampak erupsi. Jika aktivitas gunung semakin meningkat, pihaknya akan melakukan evakuasi warga yang bertempat tinggal di sekitar lereng gunung. ”Saat ini dampak erupsi Gunung Raung masih skala kecil,” ujarnya.

Eka mengaku sudah menyiapkan titik-titik pengungsian serta jalur evakuasi, jika terjadi kemungkinan terburuk dampak erupsi Gunung Raung. Beberapa kecamatan yang memiliki risiko tinggi terdampak bencana erupsi, yakni Kecamatan Kalibaru, Glenmore, Sempu, dan Songgon. ”Empat kecamatan rawan dampak erupsi Gunung Raung,” terangnya.

Jika terjadi semburan magma dan hujan abu vulkanik, jelas Eka, warga yang ada di lereng pegunungan itu akan diungsikan. Lokasi yang akan digunakan untuk tempat pengungsian antara lain bangunan sekolah dan kantor milik pemerintah. ”Dari hasil pengamatan kebencanaan, yang pasti dampak erupsi gunung itu hujan abu vulkanik, tidak mungkin kami menyiapkan tenda pengungsian,” ungkapnya.

Dengan status Gunung Raung Waspada atau level II, imbuh Eka, seluruh aktivitas pendakian maupun kegiatan masyarakat dihentikan. Jalur pendakian dari Desa Wonorejo, Kecamatan Kalibaru ditutup. ”Kami sudah berkoordinasi dengan pengelola jalur pendakian Gunung Raung,” jelasnya.

Dari informasi yang diterima terakhir, ada beberapa kelompok pendaki yang sedang turun gunung. Mereka sudah berada di Pos Pendakian Gunung Raung Kalibaru. ”Dapat dipastikan saat ini tidak ada lagi pendaki Gunung Raung melalui jalur Kalibaru,” pungkasnya. (kri/abi/c1)

(bw/kri/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news