Jumat, 05 Mar 2021
radarbanyuwangi
Home > Banyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Penularan Transmisi Lokal Paling Tinggi

21 Januari 2021, 15: 50: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Penularan Transmisi Lokal Paling Tinggi

Share this          

JawaPos.com – Grafik perkembangan kasus Covid-19 di Banyuwangi terus membaik. Dari data yang dirilis Satgas Covid-19, kasus kematian terus mengalami penurunan.

Dari bulan November dan Desember, angka kematian yang sempat stabil di angka 8 pasien per hari, kemarin (20/1) hanya ada satu kasus kematian. Angka kematian yang sama juga tercatat pada Selasa (19/1).

Hal ini membuktikan konsentrasi Satgas Covid-19 Banyuwangi bekerja keras menekan angka kematian sejak awal tahun 2021. ”Kita ingin fokus menekan angka kematian. Baik itu dengan memaksimalkan Posbindu atau berkoordinasi dengan rumah sakit terkait sistem pengobatan yang dilakukan,” ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Banyuwangi dr Widji Lestariono.

Terkait angka penularan, hingga kemarin masih terjadi fluktuasi. Pada Sabtu (16/1) tercatat ada 49 kasus baru. Selanjutnya Minggu (17/1) menurun menjadi delapan kasus dalam sehari. Senin (18/1) kasus kembali naik menjadi 30 pasien baru, lalu kembali turun 10 pasien pada Selasa (19/1).

Angka penularan kembali naik menjadi 33 kasus pada Rabu (20/1). ”Peningkatan kasus yang tinggi bisa karena hasil sampel yang keluar bersamaan di hari yang sama. Kita juga mengirim ke Surabaya dan terkadang hasilnya baru keluar beberapa hari kemudian,” imbuh dokter yang akrab disapa Rio tersebut.

Sementara itu, dari data Satgas Covid-19, para pasien yang dinyatakan positif rata-rata didominasi penularan dari transmisi lokal. Baik yang tercatat tanpa riwayat perjalanan atau karena kontak dengan pasien positif.

Kemarin misalnya, dari 33 pasien yang dinyatakan positif, 16 orang adalah pasien hasil tracing yang memiliki kontak langsung dengan pasien Covid. Sembilan orang lainnya tercatat tidak memiliki riwayat bepergian, dengan kata lain mereka tertular di Banyuwangi. Sedangkan delapan orang tercatat pernah memiliki riwayat perjalanan ke luar kota. (fre/aif/c1)

(bw/fre/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news