Senin, 25 Jan 2021
radarbanyuwangi
Home > Situbondo
icon featured
Situbondo

Tahun Ini, Pemkab Situbondo Buka 830 Formasi PPPK

14 Januari 2021, 17: 25: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

Fathor Rakhman , Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM

Fathor Rakhman , Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (HABIBUL ADNAN/JPRS)

Share this          

JawaPos.com – Teknis rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) masih dalam pembahasan. Karena itu, hingga sekarang belum dipastikan waktu pelaksanaannya.

Meski demikian, formasinya sudah ditentukan. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM), Fathor Rakhman mengatakan, formasi PPPK pada rekrutmen tahun ini sebanyak 830 kuota. Dengan rincian, 718 guru SD dan 112 formasi guru SMP.  

Ini bertambah dari rencana formasi awal. Fathor mengatakan, semula, jatah PPPK Situbondo sebanyak 603 formasi. Yaitu 531 guru SD, dan kuota guru SMP 72 orang. Itu merupakan hasil rapat koordinasi (rakor) rencana rekrutmen PPPK 2021 khusus guru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kemendibud dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Rakor itu dilaksanakan di Bali pada tanggal 10-12 Desember. Pada kesempatan itu, hadir pejabat Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kepala Badan Kepgawaian Daerah Provinsi se Indonesia, dan seluruh Kepala BKPSDM-BKD kabupaten/kota se Indonesia.

Fathor mengatakan, kebijakan penambahan kouta pengangkatan guru lewat jalur PPPK didasarkan data tenaga sukwan yang cukup banyak di Situbondo. Dengan formasi saat ini, diharapkan lebih banyak tenaga honorer yang diangkat memnjadi PPPK. Fathor juga menyampaikan, penambahan formasi telah dikoordinasikan dengan KemenPAN-RB dan BKN di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Fathor menerangkan, prioritas rekrutmen guru jalur PPPK diperuntukkan bagi mereka yang benar-benar tenaga sukwan. Di samping itu, terdata di data pokok pendidikan (Dapodik) Kemendikbud. “Dapodik itu sudah terhubung dengan data di provinsi dan kabupaten,” terangnya.

Dia berharap, pembahasan pelaksanaan teknis rekrutmen PPPK segera selesai. Sehingga dalam waktu dekat ini, rekrutmen bisa dibuka. “Mudah-mudahan secepatnya tuntas,” pungkas Fathor. (bib)

(bw/bib/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2021 PT Jawa Pos Group Multimedia