Senin, 25 Jan 2021
radarbanyuwangi
Home > Banyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Satgas Covid-19 Rogojampi Sidak Pasar Hewan

14 Januari 2021, 16: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

PASTIKAN PROKES: Petugas gabungan dari Polsek Rogojampi, Koramil Rogojampi, dan Satpol PP melakukan sidak di Pasar Rogojampi dan Pasar Hewan Rogojampi kemarin (13/1)

PASTIKAN PROKES: Petugas gabungan dari Polsek Rogojampi, Koramil Rogojampi, dan Satpol PP melakukan sidak di Pasar Rogojampi dan Pasar Hewan Rogojampi kemarin (13/1) (DEDY JUMHARDIYANTO/RABA)

Share this          

JawaPos.com – Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Rogojampi melakukan sidak protokol kesehatan (prokes) di pasar tradisional dan pasar hewan di Kecamatan Rogojampi kemarin (13/1).

Tim gabungan dari Polsek dan Koramil Rogojampi bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kali pertama menyasar Pasar Rogojampi. Tim dibagi dalam dua regu. Mereka sama-sama memegang pengeras suara serta membawa masker.

Petugas gabungan langsung merangsek masuk ke dalam pasar. Melalui pengeras suara, tim gabungan mengingatkan pedagang dan pengunjung Pasar Rogojampi agar tidak abai terhadap protokol kesehatan. ”Pakai masker, jaga jarak, jangan berkerumun, dan patuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19,” ungkap Kanitlantas Polsek Rogojampi Ipda Suharto.

Meski banyak warga yang telah tertib bermasker, masih ada saja pengunjung pasar yang kedapatan tidak memakai masker. Begitu ditemukan warga yang tak bermasker, petugas langsung bergegas menegur. ”Jangan menyepelekan, pandemi Covid-19 belum berakhir. Siapa saja bisa tertular. Mari kita jaga bersama dengan patuh terhadap protokol kesehatan,” jelas Suharto.

Setelah blusukan ke Pasar Rogojampi, tim gabungan melanjutkan sidak ke Pasar Hewan Rogojami yang berada di Desa Gitik, Kecamatan Rogojampi. Kali ini tim satgas mendapat bala bantuan dari pemerintah desa dan pemerintah kecamatan. Tambahan personel tersebut dikerahkan sebab jumlah warga yang berada di pasar hewan lebih banyak.

Apalagi, para pedagang pasar hewan juga berasal dari berbagai desa dan kecamatan di Banyuwangi. Satgas yang melakukan sidak di pasar hewan dibagi menjadi tiga tim. Tim pertama bertugas di bagian pintu masuk. Mereka mengingatkan masyarakat agar mencuci tangan dan memakai masker.

Tim kedua dan tim ketiga masuk ke dalam pasar hewan. Dengan menggunakan pengeras suara, tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Rogojampi terus mengingatkan agar pedagang dan pengunjung pasar hewan tidak kendor dalam menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

”Kami minta seluruh warga pasar hewan ini tertib, dengan menggunakan masker, mencuci tangan sebelum menyentuh apa pun, dan menjaga jarak antar satu dengan yang lainnya,” kata Suharto.

Tim satgas juga mengunjungi warung-warung penjual makanan dan minuman di pasar hewan itu. Dengan menggunakan pengeras suara, tim gabungan terus mendengungkan imbauan pencegahan penyebaran virus korona.

”Mari pakai maskernya dengan benar, tutup sampai hidung bukan di bawah dagu. Menggunakan masker menjadi cara ampuh saat berinteraksi di pasar. Jadi gunakan masker, jangan bandel,” tegas Suharto.

Menurut Suharto, kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan sudah cukup baik. Meskipun ada beberapa warga yang masih terkesan mengabaikan prokes. ”Rata-rata mereka lupa membawa masker, tetapi sebagian besar sudah cukup patuh,” katanya.

Sidak dan operasi yustisi terhadap protokol kesehatan terus digencarkan di Kecamatan Rogojampi. Hal itu dilakukan agar tidak ada klaster baru penyebaran Covid-19 di Banyuwangi, khususnya di Kecamatan Rogojampi. (ddy/afi/c1)

(bw/ddy/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2021 PT Jawa Pos Group Multimedia