Senin, 25 Jan 2021
radarbanyuwangi
Home > Banyuwangi
icon featured
Banyuwangi

TNI AL Bagi-Bagi Sembako di Laut

14 Januari 2021, 15: 30: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

70 PAKET SEMBAKO: Danlanal Letkol Laut (P) Joko Setyono bersama komandan KRI tongkol memberikan bantuan kepada nelayan.

70 PAKET SEMBAKO: Danlanal Letkol Laut (P) Joko Setyono bersama komandan KRI tongkol memberikan bantuan kepada nelayan. (RAMADA KUSUMA/RaBa)

Share this          

JawaPos.com – Cara unik dilakukan personel TNI AL untuk membagikan jaring pengaman sosial (JPS) bagi mereka yang terdampak Covid-19. Jika biasanya bantuan didistribusikan dari kelurahan atau langsung dibagikan ke rumah, kali ini bantuan tersebut langsung dikirim ke atas perahu yang tengah berlayar.

Kemarin (13/1) belasan kapal nelayan yang tengah menjaring ikan di sekitar Selat Bali diminta untuk mendekat ke KRI Tongkol 813. Para nelayan itu kemudian menerima bantuan berupa sembako. Beberapa kapal yang jaraknya agak jauh dari KRI dan tidak bisa mendekat, disusul dengan dua perahu karet. Nelayan tinggal mendekati perahu karet untuk menerima bantuan paket sembako yang sudah dikemas.

Tak hanya membagikan sembako, anggota TNI AL dari Pangkalan TNI AL Banyuwangi dan ABK KRI Tongkol 813 juga mengingatkan kepada nelayan melalui pengeras suara agar tetap menerapkan protokol kesehatan meski berada di atas lautan.

”Kita bagikan 70 paket sembako kepada nelayan sekitar Kelurahan Kampung Mandar. Ini sesuai instruksi Guskamla untuk meringankan beban nelayan pesisir selama pandemi Covid-19,” kata Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Joko Setyono.

Mantan Komandan KRI Dr Soeharso itu menambahkan, pembagian jaring pengaman sosial di tengah laut sengaja dilakukan agar sasaran pembagian tepat. Sebab, dia bisa melihat langsung jika mereka yang mendapat bantuan sembako adalah benar-benar nelayan.

Joko mengatakan, selama pandemi para nelayan juga ikut merasakan dampak ekonomi. Kebijakan yang berlaku di darat ikut membuat para nelayan kesulitan menjajakan hasil melaut mereka. ”Jelas berdampak sekali. Karena itu, kita berusaha membantu semampu kita. Mereka juga kita ingatkan terkait penggunaan masker,” tandasnya. (fre/afi/c1)

(bw/fre/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2021 PT Jawa Pos Group Multimedia