Minggu, 17 Jan 2021
radarbanyuwangi
Home > Banyuwangi
icon featured
Banyuwangi

Aksi Penipuan Loper Tertangkap Kamera CCTV Masjid Baiturrahman

14 Januari 2021, 13: 30: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

TEREKAM: CCTV Masjid Agung Baiturrahman diputar ulang untuk melihat kejadian penipuan yang dialami loper koran kemarin (13/1).

TEREKAM: CCTV Masjid Agung Baiturrahman diputar ulang untuk melihat kejadian penipuan yang dialami loper koran kemarin (13/1). (BAGUS RIO/RABA)

Share this          

JawaPos.com – Aksi penipuan yang menimpa Dulhari, ternyata berhasil tertangkap kamera CCTV milik Masjid Agung Baiturrahman (MAB). Sayang, pelaku yang menipu loper koran berusia 88 tahun tersebut tidak terekam jelas.

Rekaman CCTV menunjukkan ciri-ciri pelaku seperti yang dijelaskan Dulhari. Namun, saat pelaku memperdayai Dulhari, kamera CCTV tertutup banner. ”Dalam rekaman tidak begitu jelas, karena tertutup banner yang dipasang di pagar masjid,” ujar Bendahara Masjid Agung Baiturrahman (MAB) Nur Hasan.

Dalam rekaman CCTV tersebut, tampak seorang laki-laki berpakaian hitam menggunakan sepeda motor. ”Lelaki yang menggunakan motor itu terlihat berhenti di dekat penjual koran tersebut,” kata Hasan seraya menunjukkan rekaman CCTV.

Namun, ketika lelaki tersebut berhenti gambar rekamannya tidak begitu jelas. Saat itu masih ada banner yang dipasang menutupi pagar masjid. ”Mengantisipasi adanya aksi serupa, banner akhirnya saya lepas,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Selasa kemarin (12/1), Dulhari ketiban apes. Saat menjajakan koran di depan MAB, dia didatangi orang tak dikenal dengan mengendarai sepeda motor. Orang tersebut hendak menukarkan uang Rp 500 dengan pecahan Rp 10 ribu. Pria misterius tersebut juga hendak membeli 20 eksemplar koran.

Tanpa curiga, Dulhari langsung menyerahkan uang Rp 500 ribu pecahan Rp 10 ribu kepada orang yang belum dia kenal tersebut. Ketika ditinggal menyiapkan koran, pelaku langsung tancap gas ke arah selatan.    

Sementara itu, Yusuf, salah satu anak Dulhari mengatakan, kemarin (13/1) ada seorang lelaki yang tidak dikenal menemui ayahnya di depan MAB. Pria yang tidak mau disebut namanya itu memberikan uang Rp 500 ribu kepada Dulhari sebagai pengganti uang yang dibawa kabur pelaku.

Yusuf merasa berterima kasih kepada seseorang yang menggunakan mobil tersebut. ”Siapa pun orangnya, saya sangat berterima kasih banyak. Semoga tidak ada kejadian yang serupa menimpa ayah saya lagi,” kata Yusuf. (rio/aif/c1)

(bw/rio/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2021 PT Jawa Pos Group Multimedia