Rabu, 27 Jan 2021
radarbanyuwangi
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

REM ABS BUKAN YANG UTAMA, TAPI BISA SANGAT BERGUNA

14 Januari 2021, 07: 19: 43 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

BARU: All New Aerox 155 C ABS motor dengan gaya sporty dan bertenaga motor sport, ditambah fitur Y-connect jadi semakin komplit

BARU: All New Aerox 155 C ABS motor dengan gaya sporty dan bertenaga motor sport, ditambah fitur Y-connect jadi semakin komplit

Share this          

BANYUWANGI, Jawapos Radar Banyuwangi-Jangan remehkan rem ABS, meskipun kegunaannya dalam sehari-hari dapat dikatakan kurang dimanfaatkan fungsinya tapi Anti Lock Braking System (ABS) bisa sangat berguna pada momen tertentu, salah satunya mencegah terjadinya kecelakaan.

Rem ABS biasa kita temukan di kendaraan roda empat, yang bertujuan membuat rem lebih halus saat diinjak secara mendadak dan mencegah ban selip atau tergelincir.  Ada pendapat bahwa kendaraan roda dua tidak membutuhkan rem ABS, padahal sebetulnya ABS punya peranan penting ketika digunakan dalam perjalanan.

Berkendara sehari-hari dengan kecepatan standart mungkin tidak akan terasa manfaat dari rem ABS, tapi ada kalanya pengemudi hilang konsentrasi atau hilang kendali pada kecepatan tinggi, menyebabkan ia harus melakukan rem maksimal yang mengakibatkan kinerja kampas rem lebih kuat. Pada motor tanpa rem ABS akan mengalami sendatan yang cukup besar dan bisa berakibat fatal seperti tergelincir dan jatuh. 

LEBIH AMAN: Apabila menggunakan ABS, rem akan di tekan secara maksimal namun tidak membuat selip

LEBIH AMAN: Apabila menggunakan ABS, rem akan di tekan secara maksimal namun tidak membuat selip

Tidak hanya itu, ABS juga sangat berguna bagi pengendara yang melintasi jalan berpasir. Jalanan berpasir ini membuat ban tidak bisa mencengkram jalanan dengan kuat, akibatnya ketika saat melakukan pengereman mendadak ban akan selip dan berpotensi terpeleset. 

Berbeda apabila menggunakan ABS, rem akan di tekan secara maksimal namun tidak membuat selip. Rem ABS akan bekerja untuk menyeimbangkan ban depan dan belakang, jadi selama proses pengereman ban akan beradaptasi dengan medan dan motor akan berhenti sempurna tanpa terjatuh.

Begitu pula ketika musim hujan. Jalan aspal yang licin menjadi masalah bagi sebagian orang yang masih berkendara dengan kecepatan tinggi. Meskipun sudah dikatakan berbahaya tidak sedikit pengendara yang masih melanggarnya. Oleh sebab itu, Yamaha Jatim menyarankan rem ABS sebagai salah satu bentuk keamanan ketika berkendara di berbagai jenis permukaan jalan. 

“Semoga kini masyarakat sudah bisa memahami bergunanya rem ABS pada kendaraan. Tapi kembali lagi pada kebutuhan dan kegunaan konsumen, ABS maupun Non ABS motor Yamaha tetap memberikan yang terbaik di kelasnya, “ ujar William Saputra selaku Manajer Promosi PT Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha Jatim). 

Pilihan terbaik saat ini untuk motor dengan rem ABS adalah All New NMAX 155 Connected/ABS dengan harga Rp. 34.803.000,- untuk berkendara sehari-hari dengan nyaman dan All New Aerox 155 Connected/ABS dengan harga Rp. 30.825.000,- motor dengan gaya sporty dan bertenaga motor sport, ditambah fitur Y-connect jadi semakin komplit. (*)

(bw/fre/ics/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2021 PT Jawa Pos Group Multimedia