Sabtu, 16 Jan 2021
radarbanyuwangi
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

PDIP Banyuwangi Siap Merawat Kebudayaan dari Desa

11 Januari 2021, 20: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

WUJUD SYUKUR: Ketua DPC PDIP I Made Cahyana Negara menyerahkan potongan nasi tumpeng kepada Sekretaris DPC Ficky Septalinda dalam acara HUT PDIP kemarin (10/1).

WUJUD SYUKUR: Ketua DPC PDIP I Made Cahyana Negara menyerahkan potongan nasi tumpeng kepada Sekretaris DPC Ficky Septalinda dalam acara HUT PDIP kemarin (10/1). (SIGIT HARIYADI/RABA)

Share this          

JawaPos.com – Sederhana namun sarat makna. Seperti itulah cara Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Banyuwangi memperingati Hari Ulang Tahun ke-48 partai berlogo banteng moncong putih tersebut kemarin (10/1).

Peringatan HUT kali ini dipusatkan di kantor DPC PDIP, jalan Jaksa Agung Suprapto, Banyuwangi. Ketua DPC PDIP I Made Cahyana Negara, Sekretaris DPC Ficky Septalinda, serta sejumlah pengurus teras PDIP yang lain hadir langsung dalam acara tersebut. Kegiatan itu diawali dengan arahan Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Sukarnoputri yang disampaikan secara live streaming dari Jakarta.

Selanjutnya, mendengarkan arahan Megawati, para pengurus partai pemenang Pemilu 2019 itu lantas menggelar selamatan nasi tumpeng.

Made mengatakan, HUT PDIP ke-48 mengangkat tema mewujudkan “Indonesia yang Berkepribadian dalam Kebudayaan”. Menurut dia, kebudayaan bersumber di desa. Sebab, desa merupakan tamansari kearifan lokal. “Untuk itu, PDIP akan mengkronkretkan langkah-langkah perjuangan kita, bagaimana mewujudkan kepribadian dalam kebudayaan dimulai dari desa,” ujarnya.

Setelah peringatan HUT ke-48 tersebut, kata Made, PDIP akan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) yang ditindaklanjuti dengan rapat kerja daerah (rakerda) dan rapat kerja cabang (rakercab). “Sikap politik PDIP, khususnya PDIP Banyuwangi dalam rangka merawat kebudayaan yang ada di desa-desa akan kita rumuskan bareng-bareng,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Badan Kebudayaan Nasional (BKN) DPC PDIP Banyuwangi Ki Dalang Heri Prasetyo menuturkan, budaya yang muncul dari dusun-dusun di seantero Banyuwangi perlu terus dilestarikan. “Ke depan, kami akan berupaya menggebrak kemunculan budaya-budaya dari dusun-dusun di Banyuwangi untuk ditampilkan di destinasi-destinasi wisata di Banyuwangi. Kalau perlu, sebulan sekali BKN menggelar pergelaran seni-budaya. Dengan demikian, aspirasi masyarakat akan lahir dari hati nurani yang tulus,” pungkasnya. (sgt)

ULANG TAHUN: Jajaran pengurus DPC PDIP Banyuwangi menggelar upacara sebelum menggelar peringatan HUT ke-48 partai besutan Megawati Sukarno Putri tersebut kemarin (10/1).

ULANG TAHUN: Jajaran pengurus DPC PDIP Banyuwangi menggelar upacara sebelum menggelar peringatan HUT ke-48 partai besutan Megawati Sukarno Putri tersebut kemarin (10/1). (SIGIT HARIYADI/RABA)

(bw/sgt/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2021 PT Jawa Pos Group Multimedia