Sabtu, 16 Jan 2021
radarbanyuwangi
Home > Lifestyle
icon featured
Lifestyle
Prangko & Surat

Pengiriman Dokumen Bikin Survive

10 Januari 2021, 15: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

PRIORITY: Surat atau pengiriman dokumen tanpa prangko membuat layanan pos tetap bertahan hingga kini.

PRIORITY: Surat atau pengiriman dokumen tanpa prangko membuat layanan pos tetap bertahan hingga kini. (RAMADA KUSUMA/RaBa)

Share this          

JawaPos.com - Kiriman surat pribadi mungkin sudah sangat jarang. Namun, pengiriman dokumen dengan jasa pos masih cukup banyak. Apalagi, laju dokumen dengan prioritas itu bisa dilacak posisinya selama masa pengiriman.  

Memang sudah jarang ditemui, orang berkirim surat datang ke Kantor Pos. Sebab, saat ini sudah banyak layanan komunikasi yang jauh lebih murah, efisien, dan cepat seperti Short Message Service (SMS), email, hingga video call.

Mungkin, generasi 1990-an lah yang terakhir kali yang akrab mengenal dengan surat, amplop, telegram, dan prangko. Benda-benda tersebut perlahan menghilang akibat tergerus perkembangan zaman.

Kepala Kantor Pos Banyuwangi Vicky Vidianto mengatakan, sejauh ini masyarakat yang berkirim surat masih ada, hanya saja surat dengan kategori pengiriman dokumen. ”Masih banyak pengirim surat dengan kategori pengiriman dokumen. Kebanyakan pengirimnya adalah korporasi, instansi, dan lembaga bukan perseorangan,” ungkapnya.

Untuk pengiriman surat pribadi nyaris sudah tidak ada. Tradisi surat-menyurat tampaknya sudah tergerus perkembangan zaman di era digital. Masyarakat masa kini lebih memilih metode komunikasi yang mudah, murah, ringkas, dan cepat. Maka, sejak munculnya telepon seluler hingga internet, media bersurat-suratan pun makin terpinggirkan.

Kantor Pos sendiri, kata Vicky, masih melayani pengiriman surat-menyurat. Ssalah satunya layanan biasa (standar) dengan biaya pengiriman bisa dilakukan dengan prangko atau porto dibayar. Juga layanan prioritas yakni pengiriman surat dengan nomor pengiriman yang tersistem.

Salah satunya yakni Pos Express yang merupakan layanan premium milik Pos Indonesia untuk pengiriman cepat dan aman dengan jangkauan luas ke seluruh kota dan provinsi wilayah Indonesia. Layanan ini dapat menjadi pilihan tepat dan tepercaya untuk mengirim paket, dokumen, surat, serta barang dagangan online.

Keunggulan dari layanan ini yakni termasuk layanan premium yang tersedia di semua cabang utama kantor pos di seluruh Indonesia, memiliki waktu tempuh dengan estimasi kiriman maksimal satu hari sampai sejak barang diposkan. Layanan ini juga menawarkan tarif kompetitif dan mampu bersaing dengan jasa pengiriman lain.

Tidak itu saja, Pos Express juga dilengkapi asuransi atau jaminan, yakni jaminan kehilangan atau kerusakan kiriman dan pemberian ganti rugi. ”Pengiriman ini juga memiliki fitur lacak status kiriman sehingga posisi dan status kiriman dapat dilacak melalui web resmi Pos Indonesia,” jelas Vicky.

Sementara itu, Viny, warga Kecamatan Kabat, Banyuwangi, mengaku jika dirinya datang ke kantor pos untuk mengirim surat ke koleganya dengan memakai pengiriman prioritas (tersistem). Layanan tersebut sangat murah, mudah, dan bisa diketahui posisi surat sudah sampai ataukah belum. ”Kalau kirim dengan prangko sudah gak zaman, lama nyampe-nya,” tandasnya. (ddy/bay/c1)

(bw/ddy/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2021 PT Jawa Pos Group Multimedia