Sabtu, 16 Jan 2021
radarbanyuwangi
Home > Kesehatan
icon featured
Kesehatan

RS Elizabeth Siap Laksanakan Vaksinasi Covid-19

08 Januari 2021, 16: 15: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

SUDAH SIAP: Plt Kepala Dinkes, Imam Hidayat (kanan) bersama Kepala RS Elizabeth, drg. Frida Yuni Erlianti (tengah) meninjau tempat penyimpanan Vaksin Covid-19 kemarin

SUDAH SIAP: Plt Kepala Dinkes, Imam Hidayat (kanan) bersama Kepala RS Elizabeth, drg. Frida Yuni Erlianti (tengah) meninjau tempat penyimpanan Vaksin Covid-19 kemarin (HABIBUL ADNAN/JPRS)

Share this          

JawaPos.com - RS Elizabeth memastikan sudah siap melaksanakan vakisinasi. Sarana prasarana untuk kepentingan itu telah terpenuhi semua. Baik SDM maupun infrastrukturnya.

Kepala RS ELizabeth, drg. Frida Yuni Erlianti mengatakan, untuk tempat penyimpanannya berkapasitas 198 liter. Sehingga daya tampungnya mencapai 1.000 lebih vaksin Covid-19. “Kami sudah menyiapkan semua. Kemampuan vaksinasi kita sekitar 300 per hari,” terangnya kepada sejumlah wartawan.

Sedangkan petugas vaksin atau vaksinatornya sebanyak sebelas orang. Mereka semua telah mendapatkan pelatihan. Frida mengatakan, sarana-prasarana memang harus dipersiapkan sebaik mungkin, karena menyangkut pelayanan Covid-19. “Kami pastikan, persiapannya cukup matang,” tambahnya.

RS Elizabeth merupakan rumah sakit rujukan pasien Covid-19. Frida menerangkan, pihaknya menyediakan 35 kamar khusus pasien terjangkit Virus Korona. Dari jumlah itu, lima kamar ICU dan sisanya non ICU.

Dia menjelaskan, selama ini tidak pernah terjadi lonjakan pasien Covid-19 yang dirawat di RS Elizabeth. Rata-rata, tingkat hunian mencapai 65 persen. Tidak pernah lebhih dari angka tersebut. “Kami akan terus memberikan pelayanan terbaik, demi kenyamanan masyarakat. Apalagi, RS Elizabeth dipercaya sebagai rumah sakit rujukan,” pungkas Frida.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Situbondo, Imam Hidayat mengapresiasi kesiapan RS Elizabeth dalam melaksanakan vaksinasi. Dia mengaku, dari pengecekan yang dilakukannya, SDM dan infrastruktur sudah tidak ada masalah. “Tempat penyimpanan Vaksin Covid-19 sudah memenuhi kriteria,” jelasnya.

RS Elizabeth merupakan salah satu rumah sakit yang bisa melayani penyuntikan Vaksin Covid-19. Sebab, sudah dipercaya oleh pemerintah menjadi RS rujukan pasien terpapar Virus Korona. Karena itu, mau tidak mau mereka harus menyiapkan diri dengan melengkapi sarana-prasarana. “Kita tinggal menunggu kedatangan vaksin,” kata Imam.

Sampai saat ini, belum diketahui waktu kedatangan Vaksin Covid-19. Imam mengaku, pendistribusian ke kabupaten/kota dilaksanakan oleh Dinkes Provinsi Jatim. “Karena itu, kami akan terus berkoorinasi dengan Dinkes provinsi,” pungkasnya. (bib)

(bw/bib/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2021 PT Jawa Pos Group Multimedia