Sabtu, 16 Jan 2021
radarbanyuwangi
Home > Lifestyle
icon featured
Lifestyle
Tren Tanaman Hias

Bonsai Kelapa Mulai Booming, Harga pun Selangit

06 Januari 2021, 14: 30: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

MUNGIL: Pedagang bonsai tunas kelapa keliling menjajakan dagangannya di Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng.

MUNGIL: Pedagang bonsai tunas kelapa keliling menjajakan dagangannya di Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng. (SHULHAN HADI/RABA)

Share this          

Berita Terkait

JawaPos.com - Tren tanaman hias tampaknya akan terus berlangsung. Setelah booming bunga jenis rondo bolong, kini tanaman hias jenis bonsai kembali merebak. Salah satunya tunas kelapa atau bonsai kelapa (bokla).

Salah satu pedagang bokla Joni, 40, asal Dusun Gedangan, Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng mengaku memberanikan diri menjajakan bokla di jalanan. Sebelumnya, tanaman hias itu hanya dikembangkan di rumahnya saja. “Ini baru, kemarin ya hanya di rumah dijual dengan online,” terangnya.

Dia memilih menjajakan bokla di pinggir jalan karena tren semakin meningkat. Dengan cara ini, ia berharap orang yang lalu lalang bisa lebih tertarik dengan bokla. “Selama ini sebatas pesanan dari sesama penghobi,” katanya.

Untuk harga bokla ini, Joni menyebut mulai Rp 100 ribu ke atas. Ia menyebut bokla tidak sama dengan tunas kelapa pada umumnya. Di samping bentuknya unik, pertumbuhannya juga tidak akan membesar menjadi pohon kelapa. “Ada rahasia dalam perawatannya, nanti tetap kerdil,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Ulin Nuha salah satu penghobi bokla asal Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari mengunkapkan dari beberapa koleksi yang dimiliki, semua didapat dengan barter atau budidaya. Secara pribadi, ia belum pernah membeli bokla dengan harga pasaran. “Saya hobi saja, belum komersial,” ujarnya.

Dengan munculnya pasar bokla, ia mengaku tertarik dan akan mengikuti arus perkembangan tanaman hias ini. Ulin berharap bokla benar-benar bisa booming dan membawa keuntungan finansial.“Sepertinya akan ramai, kita tunggu saja,” terangnya.(sli/abi)

(bw/sli/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2021 PT Jawa Pos Group Multimedia