Sabtu, 16 Jan 2021
radarbanyuwangi
Home > Info Rumah Sakit
icon featured
Info Rumah Sakit

RSU Bhakti Husada Layani Fisioterapi Anak

05 Januari 2021, 20: 30: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

SEHAT: Petugas fisioterapi RSU Bhakti Husada Krikilan melakukan tindakan pada anak.

SEHAT: Petugas fisioterapi RSU Bhakti Husada Krikilan melakukan tindakan pada anak. (RUSTIDA FOR JPRG)

Share this          

JawaPos.com – Fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan pada individu atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara, dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis, dan mekanis), pelatihan fungsi, dan komunikasi (Permenkes No 80 tahun 2013).

Setiap orang tua berharap anaknya bisa tumbuh dan berkembang sesuai yang dicita-citakan. Maka, orang tua sangat berperan dalam masa tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan sampai tumbuh dewasa. Tumbuh kembang anak merupakan masa yang perlu diperhatikan oleh orang tua. Pada masa ini anak akan membentuk karakter baik motorik, bahasa, dan perilaku. Maka diperlukan perhatian yang baik di semua aspek yang mendukung atau memengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangannya.

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSU Bhakti Husada dr Wiwin Sri Niscahyawati mengatakan, pelayanan fisioterapi tumbuh kembang anak di RSU Bhakti Husada Krikilan kini semakin diminati. Terbukti, dalam beberapa bulan terakhir ada peningkatan kunjungan yang signifikan. ”RSU Bhakti Husada berkomitmen memberikan pelayanan yang maksimal untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak,” katanya seraya menyampaikan pelayanan fisioterapi anak ini bisa diakses setiap Senin–Sabtu pukul 10.00–13.00 di Unit Rehabilitasi Medik RSU Bhakti Husada Krikilan.

Kasus yang bisa dilayani fisioterapi tumbuh kembang anak di RSU Bhakti Husada Krikilan, lanjut Wiwin, di antaranya Cerebral Palsy (layuh otak), Down Syndrome, dan Delay Development. Dari beberapa permasalahan tumbuh kembang itu, diperlukan penanganan khusus. ”Peran fisioterapi sangat penting dalam membantu mengembangkan, memelihara, dan memulihkan gerak dan fungsi terhadap anak yang mengalami gangguan dalam pertumbuhan dan perkembangannya, sehingga dapat meningkatkan kemampuan fungsionalnya,” terangnya.

Untuk pencegahan terjadinya keterlambatan dalam tumbuh kembang, pendekatan fisioterapi sudah bisa dimulai sejak anak masih bayi. Di sini fisioterapi mulai berperan melalui pijat bayi, baik pada bayi normal atau prematur, sampai skrining tes pada tumbuh kembang bayi. ”Tujuannya mengetahui bayi mengalami gangguan secara motorik kasar dan motorik halus yang disesuaikan dengan usianya,” kata Wiwin.

Salah satu pendekatan fisioterapi, bila ditemukan gangguan dalam proses tumbuh kembang secara motorik akan ditangani dengan metode Neuro Development Treatment yang ditemukan Bobath pada 1966. Metode ini telah dikembangkan untuk menangani kondisi gangguan tumbuh kembang. ”Dengan pendekatan fisioterapi sejak masih bayi, jika mengalami keterlambatan akan sedini mungkin dapat diketahui dan dilakukan penanganan yang tepat, sesuai dengan kondisi bayi atau anak,” ungkap Wiwin.

RSU Bhakti Husada Krikilan mempunyai tiga fisioterapis yang kompeten dan satu dokter spesialis rehabilitasi medik sebagai penanggung jawab Unit Rehabilitasi Medik RSU Bhakti Husada Krikilan. Untuk informasi lain, bisa menghubungi emergency call IGD 0333-821118 dan pendaftaran Poli Rawat Jalan online handphone 081333748556. (abi/c1)

(bw/*/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2021 PT Jawa Pos Group Multimedia