Sabtu, 16 Jan 2021
radarbanyuwangi
Home > Edukasi
icon featured
Edukasi
SMK Muhammadiyah 8 Siliragung

Juara I Lomba Kinerja BKK Tingkat Jawa Timur

24 November 2020, 16: 39: 45 WIB | editor : Ali Sodiqin

BERPRESTASI: Waka Humas SMK Models Slamet (kanan), Kepala SMK Models Muklas Efendi, (dua dari kanan), Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim di Banyuwangi, Istu Handono (tiga dari kanan), dan Kepala BKK SMK Models Ervin Riyanto

BERPRESTASI: Waka Humas SMK Models Slamet (kanan), Kepala SMK Models Muklas Efendi, (dua dari kanan), Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim di Banyuwangi, Istu Handono (tiga dari kanan), dan Kepala BKK SMK Models Ervin Riyanto (KRIDA HERBAYU/JPRG)

Share this          

JawaPos.com - Kontinuitas SMK Muhammadiyah 8 Siliragung (Models) dalam mengikuti lomba kinerja Bursa Kerja Khusus (BKK) membuahkan prestasi. Sekolah kejuruan berprestasi itu meraih juara I lomba kinerja BKK 2020 tingkat Provinsi Jawa Timur, kemarin (20/11).

Bertempat di Hotel Ijen Suites Resort & Convention Malang, Kapala SMK Models Muklas Efendi, S.T. didampingi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim di Banyuwangi, Istu Handono mendapatkan piala juara I lomba kinerja BKK yang digelar Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur itu.

Kapala SMK Models Muklas Efendi, S.T., mengatakan juara ini dipersembahkan untuk seluruh keluarga besar SMK Models, terutama tim BKK SMK Models. Berkat kerja kerasnya, mampu bersaing dengan sekolah lain dan mendapatkan juara 1 kategori SMK swasta dalam lomba kinerja BKK tingkat Provinsi Jawa Timur. “Saat ini SMK Models menjadi kiblat bagi kinerja BKK untuk SMK swasta dan negeri se-Jawa Timur,” katanya.

Ia menyebut dinas tenaga kerja (Disnaker) sebagai instansi pemerintah yang melaksanakan kegiatan antar kerja, telah kewalahan dalam menangani masalah ketenagakerjaan. Untuk mengatasi itu, maka disnaker bekerjasama dengan dinas pendidikan (dispendik) yang didasari perjanjian kerjasama No. 070/U/1993 dan Keputusan No. 215/Men/ 1993 tentang pembentukan BKK  dan penyelenggaraan BKK di satuan pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. “Langkah yang diambil pemerintah dalam hal ini disnaker dan dispendik sebagai upaya untuk menjembati sekaligus tempat informasi dalam hal kesempatan atau lowongan tenaga kerja, khususnya tamatan tingkat SMK,” ungkapnya.

SMK Models, terang dia, sekolah yang memiliki misi menciptakan tenaga kerja tingkat menengah yang terampil dan professional, serta siap terjun ke dunia kerja atau dunia industry, diharapkan mampu menyalurkan alumninya atau bertindak sebagai pengantar kerja. Pemikiran ini dipertegas dengan adanya perjanjian kerjasama antara disnaker dan dispendik. “Sebagai tindak lanjut dari perjanjian kerjasama itu, SMK Models merasa ikut bertanggungjawab dan ikut memikirkan alumninya untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya dengan cara mendirikan BKK,” cetusnnya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Wahid Wahyudi melalui Sekertaris Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Ramlyanto menjelaskan lomba kinerja BKK tingkat Provinsi Jawa Timur itu diikuti seluruh SMK swasta maupun negeri tingkat Provinsi Jawa Timur. “Semua SMK negeri dan swasta ikut dalam lomba ini,” terangnya.

SMK Models, jelas dia, SMK swasta di Banyuwangi yang berhasil meraih prestasi dan mengalahkan SMK swasta seluruh Jawa Timur. “Kami mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih SMK Model. Diharapkan kedepan SMK Model mampu menjadi mentor bagi kinerja BKK seluruh SMK swasta dan negeri di Jawa Timur,” harapnya. (kri/abi)

SMK HEBAT: Kepala BKK SMK Models Ervin Riyanto (kanan), Kepala SMK Models Muklas Efendi, (tengah), Waka Humas SMK Models Slamet bersama siswa SMK Models membawa piala dan piagam juara I

SMK HEBAT: Kepala BKK SMK Models Ervin Riyanto (kanan), Kepala SMK Models Muklas Efendi, (tengah), Waka Humas SMK Models Slamet bersama siswa SMK Models membawa piala dan piagam juara I (KRIDA HERBAYU/JPRG)

(bw/*/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2021 PT Jawa Pos Group Multimedia