Rabu, 25 Nov 2020
radarbanyuwangi
Home > Edukasi
icon featured
Edukasi
LKP DESY EDUCATION

Gelar Uji Kompetensi Peserta BEB 2020

16 November 2020, 08: 58: 30 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

UJI KOMPETENSI: Ketua LSK Bahasa Inggris Kemendikbud RI Lusi Reni Intan (tengah) menguji kompetensi peserta program BEB di kantor Desy Education, Sabtu (14/11).

UJI KOMPETENSI: Ketua LSK Bahasa Inggris Kemendikbud RI Lusi Reni Intan (tengah) menguji kompetensi peserta program BEB di kantor Desy Education, Sabtu (14/11). (BENNY SISWANTO/RaBa)

Share this          

BANYUWANGI, Jawa Pos Radar Banyuwangi – Sebanyak 48 peserta Banyuwangi English Bootcamp (BEB) 2020 yang merupakan penerima program beasiswa dari Dinas Pendidikan Banyuwangi mengikuti Uji Kompetensi Bahasa Inggris di kantor Desy Education (DE) Banyuwangi, Sabtu (14/11).

Dua penguji dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) Bahasa Inggris Kemendikbud RI yakni Ibu Lusi Reni Intan dan Bapak Daniel. Uji kompetensi untuk English for Tourism itu diikuti peserta BEB yang telah menyelesaikan kursus di DE selama 2 bulan secara intensif.

Direktur LKP Desy Education Handoyo Saputro MPd mengatakan, peserta yang telah mengikuti kursus ini mendapat sertifikasi yang diakui oleh negara. ”Pasca lulus diklat, peserta bisa memanfaatkan sertifikatnya untuk menjadi tour guide atau bisa bekerja di bidang sektor pariwisata,” ungkap Handoyo.

Handoyo menambahkan, program BEB ini merupakan hasil kerja sama antara DE dengan Dinas Pendidikan Banyuwangi. Dia berharap di masa akan datang skalanya bisa diperbesar, karena ada 200 lebih peserta yang mendaftar dan yang diterima dan diberi pelatihan hanya 48. ”Program sangat bagus dan DE ikut mendukung program Bupati Banyuwangi khususnya di bidang pariwisata,” tegas Handoyo.

Lusi Reni Intan selaku Ketua LSK Bahasa Inggris Kemendikbud RI Jakarta menjelaskan, dalam uji kompetensi Bahasa Inggris secara general ini ada empat skill yang diujikan. Yang pertama speaking, listening, reading, dan writing. Dari keempat skill ini, speaking adalah komposisi utama namun secara keseluruhan yang lainnya saling mendukung. ”Passing grade nilai yang harus dicapai peserta uji kompetensi adalah 80,” jelas Lusi.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Suratno berharap peserta BEB bisa mendapatkan hasil uji kompetensi yang bagus dan dinyatakan lulus ditandai dengan sertifikat. Kemampuan yang sudah tersertifikasi nantinya dapat dibuktikan dengan skill kemampuan berbahasa Inggris aktif dan kemampuan di bidang pariwisata. ”Semoga nantinya terserap dalam dunia kerja di komunitas pariwisata atau membuat wirausaha baru dengan bekal yang dimiliki,” harap Suratno.   

Suratno menambahkan DE merupakan LKP yang sudah menunjukkan prestasinya, baik di skala nasional bahkan di tingkat internasional. Dia berharap agar DE terus meningkatkan organisasinya, meng-upgrade kompetensinya dan para mentornya. ”Semoga ke depan, DE semakin besar melebarkan sayapnya dan menjadi mitra terbagus untuk organisasi pencipta tenaga kerja yang lain,” pungkas Suratno.

(bw/ics/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia