Rabu, 02 Dec 2020
radarbanyuwangi
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah

Demi Olimpiade, ISSI Bakal Geber 4 Event BMX di Banyuwangi

14 November 2020, 06: 56: 56 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

EVENT BESAR: oleh Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari saat bertemu Bupati Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi kemarin (13/11).

EVENT BESAR: oleh Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari saat bertemu Bupati Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi kemarin (13/11).

Share this          

BANYUWANGI, Jawa Pos Radar Banyuwangi – Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sports Indonesia (PB ISSI) berencana menggelar kejuaraan BMX di Banyuwangi pada tahun 2021. Tidak tanggung-tanggung, kabupaten The Sunrise of Java ini menjadi kandidat kuat tuan rumah empat event bertaraf internasional yang rencananya digeber April tahun depan.

          Untuk itu, PB ISSI meminta dukungan pemkab dan seluruh masyarakat Bumi Blambangan. Sebab, empat event ini sangat krusial dan merupakan kepentingan “merah putih”, tepatnya untuk mengejar 200 poin agar atlet BMX Indonesia bisa ikut berkompetisi di kancah Olimpiade Tokyo 2021.

          Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari saat bertemu Bupati Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi kemarin (13/11). Raja Sapta menjelaskan, PB ISSI berencana menggelar empat kejuaraan BMX sekaligus pada April 2021 mendatang.

Raja Sapta merinci, empat ajang yang rencananya digelar di Banyuwangi itu adalah kompetisi BMX kategori Hors Class (kelas tertinggi pada kompetisi BMX), National Championship alias Kejuaraan Nasional (Kejurnas), dan dua kali kejuaraan BMX kelas C1 race. “Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada atlet-atlet kita untuk mengejar poin menuju Olimpiade 2021. Dari pada kita kirim ke luar, lebih baik kita bikin kejuaraan sendiri di Indonesia. Saya optimistis atlet mancanegara akan banyak yang ikut berkompetisi tersebut karena mereka punya kepentingan yang sama,” ujarnya.

          Raja Sapta mengaku, sejak awal pihaknya telah mendaftarkan Banyuwangi untuk menjadi tuan rumah kegiatan tersebut. Menurutnya, Banyuwangi cukup layak. Selain memiliki trek BMX berstandar UCI pertama di Indonesia, Banyuwangi juga telah berpengalaman menggelar berbagai event olah raga kelas dunia, di antaranya Internasional BMX dan International Tour de Banyuwangi Ijen. “Banyuwangi adalah kabupaten-nya PB ISSI. Karena event balap sepeda paling banyak di satu kabupaten ya di Banyuwangi. Kami sangat berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan di Banyuwangi. Untuk itu, kami berkoordinasi dan memohon izin kepada Pak Bupati. Mudah-mudahan rencana kami mendapat dukungan dari pemerintah maupun masyarakat Banyuwangi,” harapnya.

          Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut baik rencana kegiatan PB ISSI tersebut. Bagi Anas, ini adalah kebanggaan bagi Banyuwangi bisa menjadi bagian dari kepentingan negara. “Kami menyambut baik rencana PB ISSI ini. Kami tentu bangga bisa menjadi bagian dari kepentingan nasional untuk mempersiapkan atlet-atlet BMX Indonesia menuju Olimpiade 2021. Kami akan mempersiapkan diri sebaik mungkin agar kegiatan nanti berjalan dengan baik dan lancar,” kata Anas.

          Bagi Anas, momen tersebut menjadi kesempatan baik bagi Banyuwangi untuk melakukan promosi daerah. “Saat kegiatan itu berlangsung, tentu akan ada atraksi, sehingga tamu datang ke Banyuwangi. Harapannya mereka bisa menikmati Banyuwangi, bukan hanya pada kegiatan olahraga tapi juga kuliner, destinasi, budaya, dan lain-lainnya. Maka, kita akan mempersiapkan diri sebaik mungkin agar mereka mendapatkan kesan positif sepulang dari sini,” pungkasnya. (sgt)

(bw/sgt/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia