Rabu, 25 Nov 2020
radarbanyuwangi
Home > Situbondo
icon featured
Situbondo

Ditonton Ortu Pelanggar, Belasan Knalpot Brong Dimusnahkan

11 November 2020, 16: 44: 30 WIB | editor : Ali Sodiqin

DIGERGAJI: Satu persatu knalpot brong milik pelanggar lalu lintas dimusnahkan. Pemilik kendaraan maupun orang tua mereka diminta menyaksikan prosesi pemusnahan.

DIGERGAJI: Satu persatu knalpot brong milik pelanggar lalu lintas dimusnahkan. Pemilik kendaraan maupun orang tua mereka diminta menyaksikan prosesi pemusnahan. (IZZUL MUTTAQIN/RaBa)

Share this          

JawaPos.com - Belasan knalpot brong milik pelanggar lalu lintas dimusnahkan di halaman Mapolres Situbondo, kemarin (9/11). Benda tersebut polisi dapatkan setelah melakukan patroli kendaraan protolan di bulan Oktober 2020.

Menurut Kasat Lantas Polres Situbondo, AKP Indah Citra Fitriyani, pihaknya nyaris setiap hari melakukan razia kendaraan protolan dan knalpot brong di bulan Oktober. Sebanyak 13 pengguna sepeda motor berhasil terjaring patroli.

“Kendaraan mereka kami tahan di Mapolres Situbondo selama tiga minggu. Dan hari ini (kemarin-red), pelanggar kita panggil. Tujuannya  untuk menyaksikan proses pemusnahan knalpot brong secara langsung,” jelasnya.

Tak hanya itu, kata Kasat Lantas, orang tua pelanggar juga dipanggil. Tujuannya agar mereka mengetahui pelanggaran yang dilakukan oleh anak-anaknya.

“Kita juga meminta kepada orang tua para pelanggar untuk memberikan pembinaan kepada anak-anak mereka. Agar perbuatan serupa tidak terulang kembali. Sehingga kedepan, anak-anak lebih tertib berkendaraan di jalan raya. Serta mematuhi aturan-aturan yang ada,” ucapnya.

Lebih lanjut, kata Kasat Lantas, pihaknya sengaja tidak memberikan sanksi tilang kepada pelanggar. Mengingat ada intruksi dari pusat untuk bersikap lebih humanis kepada pengguna jalan.

“Sehingga sanksinya berupa pemusnahan. Selain itu, kita juga meminta pelanggar untuk membuat surat pernyataan tidak mengulangi perbuatannya kembali.  Dan jika dilanggar, mereka harus siap mendapat sanksi yang lebih berat,” terangnya.

(bw/zul/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia