Rabu, 27 Jan 2021
radarbanyuwangi
Home > Genteng
icon featured
Genteng

Musim Hujan Tiba, Bibit Durian Laris Manis

05 November 2020, 09: 17: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin

DISEMAI: Wasono dengan bibit durian yang dijual di Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran, kemarin (3/11).

DISEMAI: Wasono dengan bibit durian yang dijual di Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran, kemarin (3/11). (KRIDA HERBAYU/JPRG)

Share this          

JawaPos.com – Sektor agribisnis, belakangan ini makin menjanjikan, apa lagi saat memasuki musim penghujan. Para penjual bibit tanaman buah, khususnya durian saat ini sedang ketiban untung.

Wasono, 45, warga Dusun Sidorejo Kulun, Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran mengatakan banyak menyediakan bibit buah, mulai dari bibit buah durian, jambu, alpukat, hingga rambutan. Dari tamaman buah itu, yang paling banyak dicari pembeli bibit durian. “Sekarang banyak yang memesan bibit durian untuk ditanam di kebun,” ujarnya.

Menurutnya, kontur tanah di Banyuwangi, khususnya di wilayah dataran tinggi sangat cocok ditanami durian. Bibit tanamannya itu banyak dipesan oleh pembeli yang berasal dari Kecamatan Glenmore, Songgon, Kalibaru, hingga Licin. “Jumlah pembeli meningkat saat musim hujan seperti ini, itu karena menanamnya lebih mudah,” terangnya.

Bibit tanaman durian didatangkan dari Bali dan Jawa Tengah. Ia menyediakan bibit durian jenis musang king, montong, bawor, dan lokal. Harga bibit durian itu dibanderol Rp 50 ribu hingga Rp 250 ribu per pohon. “Tergantung ukuran dan umur bibit,” katanya.

Dalam sehari jelas dia, dapat menjual 10 hingga 20 bibit pohon durian. Sebelum Covid-19 merebak, ia dapat menjual bibit durian hingga 100 pohon per hari. “Sekarang agak menurun karena ada Covid-19,” katanya.

(bw/kri/als/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2021 PT Jawa Pos Group Multimedia