Rabu, 25 Nov 2020
radarbanyuwangi
Home > Situbondo
icon featured
Situbondo

Kunjungan Gubernur Berdampak Positif Pemulihan Ekonomi

27 Oktober 2020, 16: 58: 16 WIB | editor : Ali Sodiqin

Kunjungan Gubernur Berdampak Positif Pemulihan Ekonomi

Share this          

JawaPos.com – Kedatangan Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Minggu (25/10) lalu dinilai kan berdampak positif terhadap pemulihan ekonomi masyarakat. Gubernur telah memberikan stimulus kepada warga Situbondo dalam menyongsong kebangkitan ekonomi di era new normal.   

Hal ini disampaikan Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto. Dia mengatakan, ini menjadi modal berharga dalam pemulihan ekonomi masyarakat. Karena itu, sejak pandemi Covid-19 pada Bulan Maret lalu, masyarakat diharapkan bisa keluar dari kesulitan ekonomi. “Kedatangan gubernur memberikan semangat bagi kita, bahwa antara kesehatan dan ekonomi harus tetap dijaga,” katanya.

Salah satu upaya pemulihan ekonomi yang akan dilakukan pemerintah daerah, akan mengkoordinir komunitas-kom unitas yang ada. Bupati dua periode itu menjelaskan, di Situbondo, ada banyak komunitas yang vakum selama pandemi. “Dan saat ini, sudah mulai bangun kembali,” ujarnya.

Dadang mencontohkan dengan komunitas bonsai. Dia menjelaskan, mereka sudah mulai melaksanakan aktivitas untuk pemulihan ekonominya. Termasuk juga komunitas di bawah terop dan lain sebagainya. “Komunitas-komunitas ini akan kita gerakan,” jelasnya.

Di samping itu, ada banyak instrumen pendukung yang akan membangkitkan perekonomian masyarakat di tengah gempuran Virus Korona. Dadang menyebutkan dengan semangat masyarakat menanam sorghum.

Saat ini, sudah ada ribuan hektare lahan yang ditanami sorghum oleh petani. Bupati menilai, ini menjadi solusi ketahanan pangan yang akan mendongkrak ekonomi masyarakat. “Saat ini masih dimaksimalkan sebagai pakan ternak, tapi ke depan dicanangkan sebagai pangan pengganti padi,” kata Dadang.

Ada beberapa titik yang direncanakan sebagai tempat penanaman sorghum. Seperti lahan kering di Kecamatan Kendit. Di sana sudah disediakan lahan seluas 30 hektare. Kemudian, memasuki musim penghujan nanti, akan ditanami lagi di lahan selaus 100 hektare. “Gerakan ini akan meringankan petani ketika terjadi kekurangan pakan,” imbuhnya.   

Atas dasar itu, Bupati Dadang yakin, masyarakat Situbondo akan mampu bangkit dari keterpurukan. Apalagi, masyarakat punya semangat untuk memulihkan lagi ekonominya. “Kemudian, Ibu Gubernur datang secara langsung, mengajak masyarakat untuk tetap optimisitis,” pungkasnya.

(bw/bib/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia