Rabu, 28 Oct 2020
radarbanyuwangi
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan
Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Banyuwangi

Cabup Ipuk Fiestiandani Blusukan di Wilayah Cluring

Bicara Program Peningkatan Insentif GTT

17 Oktober 2020, 07: 16: 19 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

PRO PENDIDIKAN: Ipuk bersilaturahmi dengan warga di wilayah Kecamatan Cluring kemarin (16/10).

PRO PENDIDIKAN: Ipuk bersilaturahmi dengan warga di wilayah Kecamatan Cluring kemarin (16/10).

Share this          

Calon bupati Ipuk Fiestiandani Azwar Anas blusukan ke sejumlah titik di Kecamatan Cluring kemarin (16/10). Perempuan yang berpasangan dengan calon wakil bupati (cawabup) Sugirah tersebut datang untuk bersilaturahmi dengan warga sekaligus menyampaikan program ”Banyuwangi Cerdas Berkarakter”.

SIGIT HARIYADI, Banyuwangi

Banyuwangi Cerdas Berkarakter merupakan program pendidikan yang masuk dalam 22 Program Langsung Dikerjakan dari duet Ipuk dan Sugirah. ”Selama sepuluh tahun terakhir telah banyak program pendidikan yang dilaksanakan. Program-program tersebut akan kami lanjutkan dan tingkatkan,” ujar Ipuk.

Di era kepemimpinan Bupati Abdullah Azwar Anas, Banyuwangi memiliki banyak program pendidikan. Di antaranya Program Banyuwangi Cerdas yakni pemberian beasiswa untuk anak Banyuwangi terutama yang berasal dari keluarga tidak mampu, Banyuwangi Mengajar yang mengirimkan guru ke pelosok-pelosok, Siswa Asuh Sebaya, dan lainnya.

Dalam program Banyuwangi Cerdas Berkarakter yang diusung Ipuk, terdapat peningkatan-peningkatan dalam berbagai program yang selama ini telah dijalankan. Seperti peningkatan intensif Guru Tidak Tetap (GTT). Di era Bupati Anas, sejak 2018, insentif tenaga honorer di lingkup pendidikan Kabupaten Banyuwangi naik dari Rp 300.000 per bulan menjadi Rp 1 juta per bulan untuk K2. Sementara untuk non-K2, mendapatkan Rp 750.000 per bulan. Selain GTT, Ipuk juga menyiapkan program insentif untuk guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Selain itu, ada bantuan uang saku sebesar Rp 20 ribu per hari untuk anak dari keluarga tidak mampu, serta bantuan tabungan pelajar dan pendampingan cegah putus sekolah. ”Selama ini telah banyak anak Banyuwangi yang diberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Banyak anak yang mendapat beasiswa untuk kuliah baik di Banyuwangi maupun di luar Banyuwangi. Program yang baik ini akan kami lanjutkan,” kata Ipuk.

Ipuk menjelaskan ke depan ada peningkatan beasiswa kuliah untuk anak muda, santri, anak yatim, anak keluarga kurang mampu, difabel, dan atlet berprestasi. ”Jadi apabila Bapak-Ibu memiliki anak, keponakan, tetangga, yang pintar tapi tidak punya dana untuk melanjutkan kuliah, bisa lapor ke RT/RW atau kepala desa dan nantinya bisa diberikan beasiswa,” jelas istri Bupati Abdullah Azwar Anas tersebut.

Di bidang olahraga, imbuh Ipuk, juga terdapat program yang memfasilitasi pelajar/atlet muda untuk mengikuti kompetisi nasional maupun internasional. ”Kami juga akan meningkatkan pembinaan olahraga, atlet, dan menggelar ajang olahraga di desa-desa,” pungkasnya. (aif/c1)

(bw/sgt/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia