Rabu, 28 Oct 2020
radarbanyuwangi
Home > Events
icon featured
Events
Lomba Pentigraf dan Putiba

Konflik Titik Fokus Pentigraf

14 Oktober 2020, 09: 35: 39 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

TETAP BERSERAGAM: Kepala SMPN 1 Licin,  Mu’iswan mengantarkan ketiga siswanya untuk melihat langsung Grha Pena sekaligus mendaftar lomba Pentigraf.

TETAP BERSERAGAM: Kepala SMPN 1 Licin, Mu’iswan mengantarkan ketiga siswanya untuk melihat langsung Grha Pena sekaligus mendaftar lomba Pentigraf. (Gerda Sukarno/RaBa)

Share this          

BANYUWANGI, Jawa Pos Ra-dar Banyuwangi – Dalam sebuah ceita pendek (cerpen) ada ber-bagai unsur  harus dipenuhi. An tara lain tokoh, alur cerita dan pemilihan kata. Tidak luput pula konflik dari tokoh yang diangkat dalam cerpen tersebut.

Pun demikian dalam pem-buatan sebuah cerpen tiga pa-ragaf (pentigraf). Pengangkatan konflik dari tokoh sangat penting. Nantinya akan berkaitan  pesan yang terdapat da lam pentigraf ter sebut. Ambil contoh konflik antara ma nusia dengan alam, manusia dengan manusia lain, manusia dengan binatang dan lainnya. Atau contoh lain konflik sesama bina tang, konflik sesama boneka dan sebagainya dan sebagainya.

Hal-hal dalam pembuatan pentigraf wajib diperhatikan peserta lomba dalam membuat karya. Jangan sampai karena terbatas hanya tiga paragraf, kreasi dan ide cerita jadi tidak tersampaikan. Tetapi juga jangan sam pai dengan tiga pa ragraf alur cerita bisa menjadi ke mana mana tidak jelas arah jun trungannya. Selamat ber karya!

(bw/ics/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia