Rabu, 28 Oct 2020
radarbanyuwangi
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan
Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Banyuwangi

Dialog Bareng BPD, Ipuk Siapkan Program Smart Kampung Plus

13 Oktober 2020, 07: 54: 43 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

Pro Desa: Ipuk berfoto bersama sejumlah anggota BPD di Sekretariat Projo Banyuwangi Sabtu (10/10).

Pro Desa: Ipuk berfoto bersama sejumlah anggota BPD di Sekretariat Projo Banyuwangi Sabtu (10/10).

Share this          

BANYUWANGI, Jawa Pos Radar Banyuwangi - Calon Bupati (Cabup) Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mendorong desa-desa di Banyuwangi kian kreatif dan terus berinovasi. Dia pun telah menyiapkan program Smart Kampung Plus yang merupakan penyempurnaan program Smart Kampung yang dijalankan di era kepemimpinan Bupati Abdullah Azwar Anas.

          Seperti diketahui, selama ini Banyuwangi telah menjadi kabupaten percontohan inovasi pelayanan publik. Salah satunya pelayanan publik berbasis teknologi informasi di desa-desa alias Smart Kampung.

          Nah, agar program ini berkesinambungan, calon Ipuk mengusung program Smart Kampung Plus.

          Menurut Ipuk, Smart Kampung Plus merupakan penguatan pelayanan publik unggul berbasis desa. “Pelayanan publik unggul berbasis desa itu berpadu dengan pemberdayaan ekonomi, penguatan sumber daya manusia (SDM), dan peningkatan infrastruktur," ujarnya saat berdialog dengan sejumlah Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Sekreatariat Pro Jokowi (Projo), Genteng, Sabtu (10/10).

          Selama ini program Smart Kampung membuat desa-desa di Banyuwangi kian kreatif berinovasi. Banyak desa yang meraih penghargaan karena inovasi layanan publik melalui Smart Kampung.

          Seperti Desa Tamansari yang meraih penghargaan “Desa Wisata Award” dari Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDT). Desa ini dinobatkan menjadi desa wisata terbaik se-Indonesia dalam kategori pemanfaatan jejaring bisnis.

          Di antara wujud Smart Kampung Plus adalah menaikkan Alokasi Dana Desa untuk semakin meningkatkan pelayanan publik hingga tingkat desa dan RT/RW. “Selain itu juga ada pembangunan jalan penghubung antar desa, dan penerangan jalan,” kata Ipuk.

          Dia menambahkan, Smart Kampung Plus juga bakal meningkatkan kualitas mekanisme pengaduan publik. “Termasuk kami siapkan skema evaluasi kinerja bupati dan wakil hingga RT/RW. Pengurus RT/RW kami libatkan mengevaluasi kinerja kami lewat sistem Smart Kampung Plus tersebut,” ujarnya.

          Sementara itu, Ketua Pro Jokowi Banyuwangi Rudi Hartono mengatakan, apa yang telah diraih oleh Banyuwangi saat ini bisa dilanjutkan dan lebih baik lagi. “Saya percaya Bu Ipuk bisa melanjutkan dan menjaga kesinambungan. Kalau tidak percaya, tentu saya tidak akan mendukung beliau menjadi Bupati Banyuwangi,” kata dia. (sgt)

(bw/sgt/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia