Rabu, 28 Oct 2020
radarbanyuwangi
Home > Ekonomi Bisnis
icon featured
Ekonomi Bisnis
PT. Anugerah Porangkaya Indonesia

Ketua DPRD Bojonegoro dan Romongan Belajar Tanam Porang

05 Oktober 2020, 20: 16: 42 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

CARA TANAM : Praktisi Pertanian PT API, Ir. Aris Nugraha (kiri) menyampaikan tata cara tanam kepada Ketua Kadin Kerakyatan H Eko Susilo Nurhidayat (tiga dari kiri), ketua DPRD Bojonegoro H. Imam Sholikin (tiga dari kanan) dan rombongan, Jumat (2/10).

CARA TANAM : Praktisi Pertanian PT API, Ir. Aris Nugraha (kiri) menyampaikan tata cara tanam kepada Ketua Kadin Kerakyatan H Eko Susilo Nurhidayat (tiga dari kiri), ketua DPRD Bojonegoro H. Imam Sholikin (tiga dari kanan) dan rombongan, Jumat (2/10). (KADIN FOR JAWAPOS.COM)

Share this          

GENTENG, Jawa Pos Radar Genteng – Usaha pembibitan porang yang dilakukan PT. Anugerah Porangkaya Indonesia (API), Glenmore, Banyuwangi, mendapat kujungan dari ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro, H. Imam Sholikin, Jumat (2/10).

Dalam kunjungan itu, ketua DPRD Bojonegoro membawa ketua Lembaga Masyrakat Desa Hutan (LMDH) Bojonegoro Sugianto, ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Bojonegoro Takkhur Rachman, dan Sekretaris DPRD Bojonegoro Suhardjito. Kunjunga itu di jembatani  Ketua Kadin Kerakyatan Banyuwangi H. Eko Susilo Nurhidayat di Umbul Aga Puncak Porang, Dusun Gunungsari, Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore.

Dalam kunjungan itu rombongan mendapat paparan tentang prospek tanaman porang, cara pembibitan budidaya porang, dan melihat cara penanaman porang yang dikelola PT Anugerah Porangkaya Indonesia (API). Selain itu, mereka juga menikmati wisata edukasi Umbul Aga Puncak(UAP).

KOMPAK: H Eko Susilo Nurhidayat (lima dari kanan), H. Imam Sholikin (empat dari kanan), bersama H. Suyoto (lima dari kiri), dan Joko Setiono (dua dari kiri) di lokasi pembibitan porang di UAP Porang,

KOMPAK: H Eko Susilo Nurhidayat (lima dari kanan), H. Imam Sholikin (empat dari kanan), bersama H. Suyoto (lima dari kiri), dan Joko Setiono (dua dari kiri) di lokasi pembibitan porang di UAP Porang,

Usai melihat cara penanaman porang itu, rombongan meluncur ke lokasi pabrik yang akan digunakan pengolahan umbi porang dari umbi menjadi chip kering dan tepung siap ekspor dan kantor Graha Porang Indonesia di Desa Tegalarum, Kecamatan Sempu. “Kami ke PT API ini untuk ngangsu kaweruh (belajar) tentang porang,” kata ketua ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro, H Imam Sholikin.

Para petani porang di Bojonegoro, terang dia, banyak yang mengadu dan mengeluh. Untuk itu, pihaknya melakukan kunjungan ke PT API untuk belajar mulai dari pembibitan, penanaman, dan panen. “Dan kami ingin hasil panen porang petani Bojonegoro bisa dibeli oleh PT API,” cetusnya seraya berharap kedatangannya ini dapat anugerah dari Tuhan dan porangkaya benar-benar menjadikan petani Bojonegoro orang yang kaya dan barokah.

Ketua Kadin Kerakyatan Banyuwangi H. Eko Susilo Nurhidayat  mengatakan kunjungan, ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro dan rombongan itu bukti riil bahwa PT API yang bekerjasama dengan Kadin Kerakyatan telah berhasil dan bisa menjadi contoh. Dan pihaknya juga ingin memberikan edukasi kepada masyarakat, pioner dalam pembenihan sampai panen para petani, pengusaha, dan pedagang yang sedang menanam porang. “Bisa menjadi miliader,” kata pengusaha sukses asli Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore itu.

Bagi yang ini belajar, Eko berjanji akan menyiapkan dari hulu sampai hilir. Mulai penanaman, pendampingan, panen, sampai pabriknya. “Mari bergabung dan jangan ragu, kami berikan edukasi sampai betul-betul menjadi petani yang kaya,” ungkapnya.

(bw/rio/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia