Rabu, 28 Oct 2020
radarbanyuwangi
Home > Events
icon featured
Events
Smart Kampung 2020

Pertahankan Predikat Desa Inovatif

28 September 2020, 09: 16: 36 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

PELAYANAN: Salah satu warga mengurus surat di Kantor Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore.

PELAYANAN: Salah satu warga mengurus surat di Kantor Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore. (BAGUS RIO/JPRG)

Share this          

GLENMORE, Jawa Pos Radar Genteng-Survei pelayanan smart kampung terus dilakukan. Saat tim datang ke Kantor Desa Sumbergondo, Kecamatan Glenmore, langsung disambut oleh pegawai resepsionis yang menyapa dengan ramah layak diperbankan.

Desa Sumbergondo memang beda. Desa yang dikenal penuh inovasi ini, kebersihan dan desain kantor desa sangat bagus. Dan itu bagian dari penerapan program smart kampung, yaitu menciptakan desa mandiri, maju, dan berdaya saing. “Banyak program smart kampung di Desa Sumbergondo,” ujar kepala Desa Sumbergondo, Norman Iswandi.

Menurut Norman, Desa Sum-ber gondo memiliki program smart rukun keluarga (RW) yang ada di setiap dusun. Smart RW tersebut program yang memu-dahkan pemantauan dalam memberikan pelayanan kepada warganya, baik ekonomi, peme-rintahan maupun hukum. “Pe-me rintah Desa Sumbergondo bisa memantau lebih cepat wi-layah. Melalui program mandiri, pemerintah desa mampu bekerjasama dengan pihak ketiga,” katanya.

Pemerintah Desa Sumbergondo, jelas dia, telah mengadakan MoU dengan para pengusaha, yayasan sekolah, dan PJTKI. Untuk me-ningkatkan pendapatan asli desa (PADes), meningkatkan kinerja Bumdes di bidang ekonomi usaha kecil menengah (UMKM). “Program Bumdes bisa me ni ngkatkan PADes,” cetusnya.

Inovasi lain yang dijalankan, masih kata dia, inovasi program pariwisata bidang berdaya saing inovasi desa. Itu seperti kampung donor darah dan program Satlin mas Desa Sumbergondo yang mempunyai kegiatan rutin donor darah setiap tiga bulan sekali. “Ini untuk menciptakan soli daritas dan nasionalisme. Pemerintah desa juga mere gistrasi jumlah dan mendeteksi dini penyakit HIV/AIDS,” ungkapnya.

Norman mengapresiasi ke giatan penilaian smart kampung. Kedepan, kegiatan ini bisa di-fokuskan ke desa yang teri novasi dan ber-sentuhan langsung de-ngan masyarakat, baik dari segi ekonomi, hukum, dan pe-merintahan. “Dengan inovasi ini, Desa Sumbergondo bisa man diri,” pungkasnya.

(bw/rio/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia