Rabu, 28 Oct 2020
radarbanyuwangi
Home > Events
icon featured
Events
Lomba Pentigraf dan Putiba

Satu Peserta Kirim Satu Karya Terbaik

22 September 2020, 09: 55: 46 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

PATUNG GANDRUNG : 17 siswa SMPN 1 Banyuwangi turut memeriahkan lomba Pentigraf.

PATUNG GANDRUNG : 17 siswa SMPN 1 Banyuwangi turut memeriahkan lomba Pentigraf. (MASHUDI FOR RABA)

Share this          

BANYUWANGI, Jawa Pos Radar Banyuwangi – Dalam seminggu sudah seratus buku keluar dari kardusnya. Terdistribusi ke berbagai penjuru Banyuwangi, kepada peserta lomba Pentigraf. Buku itu berjudul Ribang Kala Aksa, buku kumpulan puisi karya H Samsudin Adlawi.

Puisi-puisi dalam buku itulah yang nantinya akan dipilih dan dialihwahanakan menjadi cerita pendek (cerpen) oleh para peserta. Cerpen itu dijabarkan cukup dengan tiga paragraf saja. Atau yang dikenal dengan Pentigraf (Cerita Pendek Tiga Paragraf). Lomba Pentigraf kali ini merupakan kolaborasi Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi dengan Jawa Pos Radar Banyuwangi.

Selain Pentigraf, ada juga lomba Putiba. Putiba sendiri berarti Puisi Tiga Bait. Peserta cukup menulis puisi sepanjang tiga bait dengan tema ”Gotong Royong Melawan Covid-19”. Lomba Pentigraf dikhususkan bagi siswa kalangan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat. Sedangkan Putiba dilombakan untuk siswa jenjang Sekolah Dasar (SD) sederajat.

SMPN 1 SINGOJURUH : Sukaryanto mendampingi siswinya saat pembagian buku Ribang Kala Aksa.

SMPN 1 SINGOJURUH : Sukaryanto mendampingi siswinya saat pembagian buku Ribang Kala Aksa. (MASHUDI FOR RABA)

Panitia lomba, Gerda Sukarno mengatakan, satu peserta cukup mengirimkan satu karya terbaiknya. Pengumpulan karya dikirim berbentuk file MS Word (.rtf) melalui surat elektronik (surel) atau email ke alamat radarbwieven@gmail.com. Dengan subjek PUTIBA atau PENTIGRAF. Jangan lupa menyertakan identitas diri seperti nama lengkap, sekolah, kecamatan, dan nomor handphone yang bisa dihubungi.

Pendaftaran bisa dilakukan di Grha Pena Banyuwangi Jalan Brawijaya 77 Banyuwangi dan Biro Radar Genteng Ruko Madania Jalan Singojuruh Genteng selama jam kerja. Yakni mulai pukul 09.00–15.00 WIB. Pendaftaran serta pengiriman karya terakhir hingga 21 Oktober 2020 mendatang. Informasi selengkapnya bisa menghubungi Gerda Sukarno (085263555566) atau Mashudi (085334356356).

(bw/ics/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia