Jumat, 25 Sep 2020
radarbanyuwangi
Home > Events
icon featured
Events
Lomba Pentigraf dan Putiba

Langsung Bawa Pulang Buku Ribang Kala Aksa

16 September 2020, 11: 04: 23 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

TETAP BERMASKER: Iz Fatma Agmadina siswi MTsN 1 Banyuwangi didampingi orang tuanya kemarin (14/9).

TETAP BERMASKER: Iz Fatma Agmadina siswi MTsN 1 Banyuwangi didampingi orang tuanya kemarin (14/9). (Bayu Saksono/RaBa)

Share this          

BANYUWANGI, Jawa Pos Radar Banyuwangi – Kabar gembira bagi kalangan siswa jenjang SD dan SMP di Banyuwangi. Jawa Pos Radar Banyuwangi (JP-RABA) menggeber lomba Pentigraf dan Putiba sebagai media penyaluran ide dan kreativitas para pelajar Bumi Blambangan, khususnya di bidang bahasa dan sastra.

Event yang merupakan hasil kerja bareng JP-RABA dengan Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMP Banyuwangi pun mendapat sambutan antusias dari para pelajar. Buktinya, hanya dalam hitungan hari jumlah calon peserta yang mengisi list pendaftaran sudah mencapai puluhan orang.

Putiba merupakan akronim dari ”Puisi Tiga Bait”. Lomba ini dikhususkan bagi siswa SD. Sedangkan Pentigraf merupakan akronim dari ”Cerita Pendek Tiga Pragraf”. Lomba yang satu ini diperuntukkan bagi siswa jenjang SMP/sederajat.

SMP 3 MUHAMADIYAH: Dharinda Razkian Fifa Syalsabila siap mengirimkan karya terbaiknya dalam lomba pentigraf.

SMP 3 MUHAMADIYAH: Dharinda Razkian Fifa Syalsabila siap mengirimkan karya terbaiknya dalam lomba pentigraf. (Bayu Saksono/RaBa)

Panitia lomba Gerda Sukarno menjelaskan, lomba Putiba mengangkat tema ”Gotong Royong Melawan Covid”. Maksudnya, puisi yang diikutkan lomba ini harus mengangkat materi tentang gotong royong warga dalam melawan, mengatasi, atau mencegah penularan dan penyebaran Covid-19. Sedangkan untuk lomba Pentigraf, cerita pendek yang dibuat adalah hasil saduran dari buku Ribang Kala Aksa karya dari H Samsudin Adlawi. ”Dalam buku tersebut ada banyak kumpulan puisi, peserta pentigraf bisa memilih salah satu saja,” ujarnya.

Pendaftaran Pentigraf maupun Putiba bisa dilakukan di kantor JP-RABA, yakni di Gedung Grha Pena Banyuwangi Jalan Brawijaya 77 Banyuwangi atau di kantor JP-RABA Biro di Genteng Ruko Madania Jalan Hasyim Asyari No 4 Banyuwangi. ”Apabila membutuhkan informasi atau daftar secara kolektif bisa menghubungi kami di 085263555566 atau Saudara Mashudi 085334356356,” pungkas Gerda.

(bw/ics/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia