Jumat, 25 Sep 2020
radarbanyuwangi
Home > Events
icon featured
Events
Smart Kampung 2020

Desa Karangdoro, Sediakan Pelayanan Melalui WhatsApp

16 September 2020, 09: 21: 02 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

SAMPAIKAN MISI : Kepala Desa Karangdoro Sunaryo  berbincang dengan tim Survei Smart Kampung 2020 pada Minggu lalu

SAMPAIKAN MISI : Kepala Desa Karangdoro Sunaryo berbincang dengan tim Survei Smart Kampung 2020 pada Minggu lalu (Reza For RaBa)

Share this          

BANYUWANGI, Jawa Pos Radar Banyuwangi – Warga yang ingin membuat Akta Kelahiran, cetak Kartu Keluarga (KK), membuat KTP-el, surat kematian, dan lainnya, cukup dengan menggunakan gadget. Inovasi itulah yang diterapkan di Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari.

Apalagi di tengah masa pandemi Covid-19 ini, pelayanan via gadget sangat membantu mengurangi risiko penularan. Sebab, bisa meminimalisasi kegiatan tatap muka. Dan jikapun harus ada tatap muka, waktunya tidak lama. Hal ini dijelaskan oleh Sunaryo selaku Kades Karangdoro. Warga yang hendak melakukan pelayanan bisa mendaftar melalui WhatsApp.

Setelah daftar dan memilih ingin melakukan pelayanan apa saja, bisa disesuaikan dengan syarat-syarat harus dipenuhi. Apabila masih bingung, warga bisa meminta penjelasan dan panduan dari operator yakni staf Desa Karangdoro. Begitu syarat-syarat terpenuhi, langsung diproses dan setelah selesai warga akan mendapatkan pemberitahuan melalui WhatsApp. ”Berkas sudah bisa diambil di kantor desa,” ujar Sunaryo.

Untuk bidang prasarana, kantor Desa Karangdoro memiliki tanah yang lumayan luas. Balai desa tampak bersih, dengan cat yang warna-warni dan alas keramik mengkilap. Pun halnya taman bermain, terlihat tertata rapi dan terawat.

Di ruang pelayanan sudah terdapat sekat transparan yang jadi pembatas antara petugas pelayanan dan warga yang datang. Bagi ibu yang menyusui anaknya, juga tersedia ruang laktasi di pojok dekat pintu masuk ruang pelayanan.

Sedangkan untuk protokol kesehatan, sudah tersediahandsanitizer baik yang gel maupun yang semprot. Tak luput tempat cuci tangan ada di dekat parkir dan pintu masuk ruang pelayanan. Menariknya, fasilitas bagi kaum difabel tidak hanya sebatas akses masuk dan kursi roda menuju ruang pelayanan, tetapi disediakan juga toilet khusus difabel yang bersebelahan dengan toilet umum.

(bw/ics/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia