Sabtu, 26 Sep 2020
radarbanyuwangi
Home > Edukasi
icon featured
Edukasi
Universitas Muhammadiyah Malang

Mahasiswa Sosiologi UMM Student Exchange ke University Thailand

16 September 2020, 07: 01: 23 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

KKN INTERNASIONAL: Empat mahasiswa prodi Sosiologi FISIP UMM yang berangkat menuju Khon Kaen University, Thailand.

KKN INTERNASIONAL: Empat mahasiswa prodi Sosiologi FISIP UMM yang berangkat menuju Khon Kaen University, Thailand.

Share this          

DALAM dunia akademik, khususnya di perguruan tinggi, proses internasionalisasi merupakan sebuah standar yang saat ini menjadi acuan atau target guna mengembangkan kelembagaan perguruan tinggi tersebut. Dengan menjajakan program Go International, harapannya setiap perguruan tinggi di Indonesia menjadi terekognisi oleh dunia.

Seperti halnya yang disampaikan di atas, Program Studi Sosiologi FISIP Universitas Muhammadiyah Malang mengambil kesempatan tersebut dengan menjalankan kerjasama internasional yang telah terjalin antara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan College of Local Administration Khon Kaen University, Thailand dalam bentuk pertukaran pelajar atau student exchange.

Proses perjalanan realisasi kerja sama antarkedua perguruan tinggi tersebut terfokus dalam ranah student exchange empat orang mahasiswa dan mahasiswi asal Prodi Sosiologi FISIP UMM yang berangkat menuju Khon Kaen University, Thailand. Mereka berstatus mahasiswa angkatan 2017, yaitu Saputra Laksa Armana, Novia Hidayah Kartika, Rizky Mutiara Yanti, dan Ovie Febri Ana Dita.

FOTO BERSAMA: Mahasiswa program studi Sosiologi FISIP saat di Kampus Universitas Muhammadiyah Malang.

FOTO BERSAMA: Mahasiswa program studi Sosiologi FISIP saat di Kampus Universitas Muhammadiyah Malang.

”Kami bukan hanya melakukan kegiatan pembelajaran, tetapi juga melaksanakan kegiatan pengabdian dalam bentuk pengajaran pada sekolah. Selama berada di Thailand kami merasakan bagaimana melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional,” kata Novia Hidayah Kartika, salah seorang peserta student exchange.

Hal senada dikatakan oleh Saputra. Sebelumnya dia pernah menuliskan impian untuk dapat berkuliah di luar negeri di sebuah buku kecil hariannya. Dan ternyata melalui program Student Exchange ini, Saputra diterbangkan ke negara Thailand.

Berbagai pengalaman kurang hampir lima bulan, mereka menulis karya ilmiah dan dimuat dalam jurnal terindeks TCI Tier 2. Pengalaman tulisannya terbit di jurnal internasional juga menjadi tambahan nilai plus bagi keempat mahasiswa tersebut.

Pengalaman tersebut akan Anda rasakan apabila menjadi mahasiswa di Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang. So tunggu apalagi, lets join with us. (*/als/c1)

(bw/fre/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia