Jumat, 25 Sep 2020
radarbanyuwangi
Home > Edukasi
icon featured
Edukasi

Gudep SDN 1 Lateng Aksi Peduli Lingkungan Hidup

14 September 2020, 16: 15: 03 WIB | editor : Ali Sodiqin

SORE HARI: 20 pramuka Gudep SDN 1 Lateng bersama pembina melepas tukik di pulau Santen, Sabtu (12/9) kemarin.

SORE HARI: 20 pramuka Gudep SDN 1 Lateng bersama pembina melepas tukik di pulau Santen, Sabtu (12/9) kemarin. (GERDA/RaBa)

Share this          

JawaPos.com - Praja Muda Karana (Pramuka) harus peduli terhadap sesama dan lingkungan hidup. Hal itu sesuai dengan bunyi Dasa Darma Pramuka Ke-2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

Wujud dari pengamalan tersebut, Gugus Depan (Gudep) Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Lateng melaksanakan kegiatan Peduli Lingkungan Hidup. Dipusatkan di Pulau Santen atau yang lebih terkenal dengan Pantai Syariah sebanyak 2 regu yang terdiri dari 1 putra dan 1 grup putri telah berkumpul Sabtu (12/9) sore hari.

Mengenakan seragam cokelat-cokelat khas Pramuka lengkap dengan Hasduknya dan masker. Masing masing personel yang berjumlah 20 siswa juga tampak menenteng timba dan plastik berukuran besar.

Ditemani para pembina, dua regu yang bernama King Kobra dan Melati tersebut melaksanakn kegiatan memungut sampah plastik di sepanjang pantai Pulau Santen. Kegiatan ini dinamai rijig-rijig pantai.

Selanjutnya, seusai itu para Pramuka melaksanakan penghijauan dengan menanam Pandan Laut. Menurut Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) SDN 1 Lateng Lina Kamalin, dipilihnya Pandan Laut adalah karena penanamannya dipusatkan di tepi pantai. "Aroma Pandan Laut dipercaya bisa menarik Penyu untuk bertelur di sekitar tanaman," ujar Lina Kamalin.

Puncak acara aksi peduli lingkungan hidup ini adalah melepas tukik ke laut. Disaksikan relawan Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF), sebanyak 30 ekor tukik kembali ke habitat aslinya di laut oleh Pramuka Gudep SDN 1 Lateng Banyuwangi.

(bw/*/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia