Jumat, 25 Sep 2020
radarbanyuwangi
Home > Edukasi
icon featured
Edukasi
SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi

SMK Muha 6: Tetap Bergeliat di Muism Pandemi Covid-19

13 September 2020, 19: 55: 34 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

PROFESIONAL: Kelompok kerja SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi Rani Setiyowati (kiri) dengan dua siswanya bersama teknisi lokomotif Misrani (kanan) di PT KAI Banyuwangi.

PROFESIONAL: Kelompok kerja SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi Rani Setiyowati (kiri) dengan dua siswanya bersama teknisi lokomotif Misrani (kanan) di PT KAI Banyuwangi. (THOMY FOR JAWAPOS.COM)

Share this          

ROGOJAMPI, Jawa Pos Radar Genteng – Di masa pandemi Covid-19, khususnya dalam proses pembelajaran di sekolah,  SMK Muhammadiyah 6 Rogompi, masih terus melakukan optimalisasi pembelajaran melalui konsep pembelajaran langsung mengerjakan (learning by doing.

Di antara program itu kegiatan sertifikasi pengelasan nasional dan internasional dengan menggandeng PT Kampuh Welding Indonesia Surabaya. Untuk kelas Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), sekolah merangkul PT Baladewa Oto Plasa  Jakarta. Sedang kelas Teknik Informatika, siswa terlibat langsung dengan kegiatan tefa sekolah, dan  pembentukan karakter sekolah kerja bareng dengan lembaga penangan penangulangan rehabilitaasi narkotika. “Saat ini untuk pembelajaran memang tidak bisa optimal, makanya kita memakai pembelajaran sistim learning by doing,”  kata kepala SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi, Inonu Thaimya, SP, M,Pd.

Inonu menyebut, untuk Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), banyak yang telah dilakukan, terutama yang terkait dengan alat berat dan pengelasan, dan persiapan kelas INKA. Para siswa yang akan masuk ke jurusan ini, dibekali sertifikasi nasional dan internasional pengelasan. “Kita kerjasama dengan PT Kampuh Welding Indonesia Surabaya,” terangnya.

KELAS OLTEK: Kepala kompetensi keahlian TBSM Supriyanto (kiri) mengawasi siswanya dalam perbaikan sepeda motor, kemarin (11/9).

KELAS OLTEK: Kepala kompetensi keahlian TBSM Supriyanto (kiri) mengawasi siswanya dalam perbaikan sepeda motor, kemarin (11/9).

Untuk Jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Inonu menyebut sekolah kerjasama dengan PT Baladewa Oto Plasa  Jakarta, yang mempunyai plafom Online Teknisi (Oltek). Para siswa di jurusan ini, dipersiapkan menjadi teknisi online. Mereka dibekali dengan kompetensi standar bengkel resmi dan sertifikasi, serta dibekali alat untuk bisa mengerjakan servis atau penangan sepeda motor, dan kelas Mitsubishi tetap jalan. “Program keagamaan tetap kami jalankan, ini untuk pembentukan karakter siswa,” ungkapnya.

Direktur PT Baladewa Oto Plasa Jakarta, Adi Rahman berharap dengan bergabungnya SMK muhammadiyah 6 Rogojampi ke Oltek, akan bisa menjadi wadah untuk menyalurkan para siswa dan alumni untuk bisa hidup mandiri. “Agar para siswa yang telah lulus bisa mandiri,” cetusnya.

Adi berharap pendampingan yang dilakukan selama empat hari, para siswa bisa mendapatkan skil yang setandar dengan bengkel-bengkel resmi. “Untuk alat kerjanya, para mekanik online juga dibekali peralatan yang didesain khusus dari Oltek,” ungkapnya.

(bw/rio/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia