Jumat, 25 Sep 2020
radarbanyuwangi
Home > Events
icon featured
Events
Smart Kampung 2020

Desa Kalibaru Kulon, Hanya Fokus pada Ruang Pelayanan

10 September 2020, 09: 01: 50 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

DISKUSI: Tim Survei Smart Kampung 2020 berbincang dengan Kades dan Sekdes Kalibaru Kulon

DISKUSI: Tim Survei Smart Kampung 2020 berbincang dengan Kades dan Sekdes Kalibaru Kulon (Galang For RaBa)

Share this          

BANYUWANGI, Jawa Pos Radar Banyuwangi – Di perbatasan Banyuwangi dan Jember terdapat Kecamatan Kalibaru. Kecamatan Kalibaru memiliki wilayah luas yang dibagi menjadi enam desa dan sebagian berupa perkebunan. Salah satunya Desa Kalibaru Kulon, yang persis bersebelahan dengan Kabupaten Jember.

Sebagai pintu gerbang dari arah selatan, seyogianya desa ini terlihat rapi dan sedap dipandang mata. Dengan tujuan kesan masyarakat saat memasuki Banyuwangi akan mengena. Kenyataannya sedikit berbeda saat tim survei Smart Kampung 2020 menyambangi Desa Kalibaru Kulon pada Senin (7/9) lalu.

Tampak depan, tanaman dan taman terlihat dibiarkan tumbuh begitu saja. Sedikit lega prasasti tulisan kantor desa masih terlihat megah. Memasuki halaman kantor, tampak beberapa lantai keramik sudah memudar bahkan mengelupas. Parahnya, pecahan keramik yang mengelupas dibiarkan begitu saja. Sehingga semakin menampakkan kesan kumuh kawasan kantor desa.

Hal ini masih diimbangi dengan taman pojok yang cukup luas dan berdinding relief. Namun sekali lagi, kolam dan tanaman terkesan tak terurus. Banyak cat pada tembok bangunan kantor desa yang sudah berjamur dan mengelupas. Ditambah kondisi kamar mandi yang berantakan, mungkin warga Desa Kalibaru Kulon enggan menggunakan fasilitas toiletnya.

Hanya ruangan pelayanan yang terlihat baru dan bersih. Dinding ruangan dibalut dengan wallpaper dan berhias lampu-lampu. Rupanya Kantor Desa Kalibaru Kulon hanya memfokuskan penataan pada ruang pelayanan semata. Namun, tetap saja sekat transparan sebagai pembatas antara staf pelayanan desa dengan warga pemohon layanan juga tidak ada. Hand sanitizer juga tidak tersedia di meja pelayanan.

Dari hasil penilaian tim survei, ada kemungkinan bendera hitam bisa dikibarkan di Desa Kalibaru Kulon.

(bw/ics/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia