Kamis, 01 Oct 2020
radarbanyuwangi
Home > Events
icon featured
Events
Smart Kampung 2020

Desa Grogol, Sejumlah Sarana Butuh Perawatan

08 September 2020, 09: 02: 23 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

SEPI: Selama masa pandemi pelayanan terlihat lengang, hanya ada satu dua warga yang datang.

SEPI: Selama masa pandemi pelayanan terlihat lengang, hanya ada satu dua warga yang datang. (Gerda Sukarno/RaBa)

Share this          

BANYUWANGI, Jawa Pos Radar Banyuwangi – Di wilayah Kecamatan Giri hanya ada dua desa, yakni Grogol dan Jambesari. Lainnya adalah kelurahan. Desa Grogol masih memiliki area sawah dan tanah yang masih luas. Karena itu harga tanah di sana masih terbilang murah.

Tulisan Desa Grogol berdiri megah di pintu pagar kantor desa. Tulisan itu berbuat dari besi dengan cat warna merah dan putih.  Apabila malam hari, tampak lampu menyoroti tulisan tersebut. Tim survei mengunjungi kantor Desa Grogol pada akhir bulan Agustus lalu karenanya bendera dan umbul-umbul masih tampak megah berkibar.

Tepat di pintu masuk, ada sebuah bangunan kecil tertutup dengan dinding hampir seluruhnya kaca. Tempat penjaga kantor itu telah dilengkapi dengan jaga piket, buku tamu, dan alat komunikasi. Ujung timur, di depan pendapa desa ada pondok menjulang tinggi. Dulunya bangunan itu difungsikan untuk arena baca. Namun saat ini debu lebih banyak menempati bangunan itu.

Jalur difabel nampak menyolok saat akan memasuki ruang pelayanan. Namun, disayangkan kursi roda tidak ada di tempat. Kemungkinan ada warga yang habis meminjam namun belum dikembalikan. Pada pojok baca, bisa dibilang memiliki jumlah buku yang cukup banyak. Sekitar seratus lebih dan tertata rapi di sudut ruang pelayanan.

Tim survei dibuat terperangah saat memasuki area toilet. Biasanya toilet hanyalah ruangan yang terbatas dan sedikit sempit. Tapi di kantor Desa Grogol, ada ruang terbuka lengkap dengan taman dan kolam. Walau terlihat asri, namun terlihat kurang sentuhan perawatan.

(bw/ics/ics/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia