Jumat, 25 Sep 2020
radarbanyuwangi
Home > Edukasi
icon featured
Edukasi
Politeknik Negeri Banyuwangi

Kenalkan Daur Ulang Sampah dengan Teknologi Melter

06 September 2020, 21: 23: 50 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

KOMPAK: Tim PHDB BEM Poliwangi bersama anggota KSM Sido Ayu di Desa Sumberberas, Kecamatan Muncar, kemarin.

KOMPAK: Tim PHDB BEM Poliwangi bersama anggota KSM Sido Ayu di Desa Sumberberas, Kecamatan Muncar, kemarin. (ANNGRA FOR JAWAPOS.COM)

Share this          

MUNCAR, Jawa Pos Radar Genteng-Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi), mengadakan program hibah desa binaan (PHDB). Dalam program itu, mereka mengusung tema, pemanfaatan plastik daur ulang (PAPA PULANG) yang menggunakan teknologi melter dalam upaya pengurangan sampah plastik di Desa Sumberberas, Kecamatan Muncar, kemarin.

Ketua Tim PHDB BEM POLIWANGI 2020, Agung Adharis mengatakan, kegiatannya ini bertujuan membantu masyarakat Desa Sumberberas mendaur ulang sampah dengan menggunakan teknologi melter, dan mengolahnya menjadi produk paving agar dapat dimanfaatkan dan memiliki nilai jual. “Ini untuk mengatasi permasalahan penumpukan sampah pada TPST 3R KSM Sido Ayu,” katanya.

Mesin teknologi melter atau mesin peleleh ini, jelas dia, alat yang digerakkan dengan bantuan energi listrik yang digunakan untuk mengaduk sampah plastik dalam tong. “Untuk pelelehannya menggunakan energi panas dari api,” paparnya.

Agung berharap kegiatan ini berlangsung dengan lancer, bisa sesuai dengan apa yang direncanakan. Dengan adanya mesin teknologi melter ini, dapat mengurangi penumpukan sampah plastik yang ada di TPST 3R KSM Sido Ayu, Kecamatan Muncar. “Semoga juga bisa menambah perekonomian masyarakat,” katanya.

Pembimbing tim pelaksana PHDB, Anggra Fiveriati berharap kegiatan dalam program hibah desa binaan ini tidak hanya berhenti disini, tetapi bisa berkelanjutan. “Semoga dengan program ini bisa terus bermanfaat bagi semuanya masyarakat,” katanya.

(bw/rio/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia