Senin, 10 Aug 2020
radarbanyuwangi
Home > Ekonomi Bisnis
icon featured
Ekonomi Bisnis
BPJS KESEHATAN BANYUWANGI

Disnakertrans Kawal Kepatuhan Badan Usaha

Untuk Jaminan Kesehatan Di Era New Normal

30 Juli 2020, 07: 38: 50 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

SOSIALISASI: Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banyuwangi Wahyu Santoso saat melakukan pertemuan untuk meningkatkan efektivitas pengawasan dan pemeriksaan kepatuhan peserta dan pemberi kerja

SOSIALISASI: Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banyuwangi Wahyu Santoso saat melakukan pertemuan untuk meningkatkan efektivitas pengawasan dan pemeriksaan kepatuhan peserta dan pemberi kerja

Share this          

JAWAPOS.C0M-BPJS Kesehatan memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan dan pemeriksaan atas kepatuhan Peserta dan Pemberi Kerja dalam memenuhi kewajibannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan jaminan sosial nasional. Wewenang ini telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial bahwa dalam melaksanakan tugasnya.

“Pengawasan dan pemeriksaan atas kepatuhan dimaksudkan untuk memastikan kepatuhan pemberi kerja dalam mendaftarkan dirinya, seluruh pekerjanya, dan anggota keluarganya dalam program Jaminan Kesehatan, serta melaporkan data secara lengkap dan benar serta rutin membayar iuran,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banyuwangi Wahyu Santoso (24/07).

Dalam kesempatan tersebut, Wahyu menjelaskan bahwa tujuan di lakukannya pertemuan ini yaitu untuk meningkatkan efektivitas pengawasan dan pemeriksaan kepatuhan peserta dan pemberi kerja dalam hal kepatuhan pendaftaran, penyampaian data dan pembayaran iuran pada masa new normal.

“Program JKN-KIS memiliki konsep protection, sharing dan compliance. Artinya, kita semua harus berperan aktif melindungi diri sendiri dan keluarga, berbagi dengan sesama dalam skema gotong royong yang merupakan budaya Indonesia serta patuh sebagai warga Negara dengan menjadi peserta Program JKN-KIS. Keberadaan badan usaha sendiri diharapkan menjadi role model bagi masyarakat untuk berpartisipasi aktif mendukung Program JKN-KIS,” ujar Wahyu.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BPJS Kesehatan memberikan apresiasi kepada sejumlah badan usaha swasta yang berperan besar mendukung implementasi Program JKN-KIS dengan patuh mendaftarkan pekerja dan anggota keluarganya, menyampaikan data pekerja yang valid dan disiplin membayar iuran.

“Kami sangat mengapresiasi Badan Usaha yang selama ini masih aktif beroperasional untuk memastikan laju roda ekonomi, menjaga kesejahteraan pekerja dan tetap membayar iuran Jaminan Kesehatan bagi Pekerja dan anggota keluarganya dalam masa pandemi ini,” tutup Wahyu.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Perindustrian Kabupaten Banyuwangi, S. Alam Sudrajat menyampaikan ucapan terimakasih atas antusiasme undangan yang hadir terutama kepada perwakilan badan usaha yang sudah menyempatkan diri untuk menghadiri acara tersebut. Dirinya berharap bahwa sinergitas yang terjalin dapat memastikan seluruh pihak dalam hal ini badan usaha dan pemberi kerja untuk mematuhi ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku terkait Program JKN-KIS.

“Sistem jaminan sosial adalah suatu tata cara penyelenggaraan program jaminan sosial oleh BPJS Kesehatan. Adapun jaminan ini adalah wujud tanggung jawab Negara untuk memberikan perlindungan sepenuhnya kepada masyarakat Indonesia,” ujar Alam

(bw/fre/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia