Kamis, 13 Aug 2020
radarbanyuwangi
Home > Situbondo
icon featured
Situbondo
Kolaborasi Klub Motor dan Pokdarwis

Bakal Berbagi Hewan Kurban ke Masyarakat Pinggiran Situbondo

29 Juli 2020, 19: 44: 55 WIB | editor : Ali Sodiqin

AKSI SOSIAL: Komunitas BoldRiders Situbondo dalam sebuah kegiatan sebelum pandemi korona.

AKSI SOSIAL: Komunitas BoldRiders Situbondo dalam sebuah kegiatan sebelum pandemi korona. (KOORDINATOR BOLD RIDERS FOR RABA)

Share this          

JawaPos.com - Hari kurban tahun ini akan menjadi spesial bagi klub motor CBR Situbondo dan Pokdarwis Vespasito. Para pengukur jalanan dan pegiat wisata ini akan melaksanakan aksi sosial tebar hewan kurban pada Jumat (31/7) lusa. Klub motor dan Pokdarwis yang tergabung dalam Bold Riders dan Heppiii Community ini sudah menyisir sejumlah daerah pinggiran Situbondo yang dinilai tepat mendapatkan donasi hewan kurban.

Koordinator Bold Riders Situbondo Hena Perdana Ragayatsu berharap program hari kurban bersama masyarakat pinggiran Situbondo ini dapat memberikan manfaat dan menjadi penguat ikatan di antara sesama anggota komunitas.

Untuk mewujudkan rencananya ini, Hena mengungkapkan, semua anggota komunitas menyisihkan sebagian uangnya untuk membeli hewan kurban. Setelah donasi terkumpul barulah ditetapkan lokasi tebar hewan kurban tersebut.

Daerah pinggiran Situbondo sengaja disasar karena untuk masjid-masjid di perkotaan selama ini sudah sering mendapatkan bantuan hewan kurban baik itu kambing maupun sapi. "Kami gembira dan bersyukur dapat menjadi bagian dari kegiatan hari kurban yang luar biasa ini. Anak motor sesungguhnya selalu mengedepankan kebaikan untuk sesama," ungkap Hena bangga.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program bertajuk Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi yang melibatkan 379 komunitas di 42 kota. Lebih dari 15 ribu anggota dari komunitas besar seperti Bold Riders dan Heppiii Community ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang baru pertama kali terjadi ini.

Hena menuturkan, selain anak CBR Situbondo, kegiatan ini juga melibatkan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang tergabung dalam Heppiii Community yakni Vespasito atau Vespa Situbondo.

Kelompok ini sangat aktif menelusuri dan menemukan wisata-wisata daerah dan budaya baru di Situbondo,” tuturnya.

Contohnya Kampung Kerbau di Situbondo, yang saat ini menjadi alternatif wisata baru. Hal ini bisa terwujud salah satunya berkat upaya dari anggota Vespasito yang menemukan, merawat, dan aktif mengkampanyekannya di media sosial.

Hena juga menjelaskan bahwa kelompok ini juga aktif di bidang sosial. Seperti melakukan bakti sosial ke tempat yang terkena bencana alam. “Sewaktu ada bencana longsor di Kaki Gunung Ijen tepatnya di Desa Sempol, Ijen, Kabupaten Bondowoso. Komunitas ini aktif mengadakan bakti sosial di sana,” tutur Hena.

Kolaborasi yang dilakukan komunitas Bold Riders dan Heppiii Community di Situbondo ini diharapkan dapat terus berlanjut di masa depan. Solidaritas yang terbangun di antara komunitas akan menjadi contoh bahwa anak-anak muda memiliki banyak kreativitas yang dapat bermanfaat untuk masyarakat lainnya.

"Ke depan tentunya kami ingin lebih banyak lagi kolaborasi yang memberi arti ke sesama. Kami bangga ikut kegiatan yang keren ini," imbuhnya.

(bw/aif/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia