Selasa, 07 Jul 2020
radarbanyuwangi
Home > Ekonomi Bisnis
icon featured
Ekonomi Bisnis
DINAS PARIWISATA BANYUWANGI

Jokowi Puji Kebijakan Sektor Pariwisata Banyuwangi

Agar Homestay Bisa Bersaing

29 Juni 2020, 10: 09: 00 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

CEK LOKASI: Presiden Jokowi didampingi Bupati Anas, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat melihat persiapan kebiyasaan anyar pariwisata di Pantai Solong , Kamis (25/6)

CEK LOKASI: Presiden Jokowi didampingi Bupati Anas, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat melihat persiapan kebiyasaan anyar pariwisata di Pantai Solong , Kamis (25/6)

Share this          

BANYUWANGI, Jawa Pos Radar Banyuwangi - Keterlibatan masyarakat dalam pembangunan sektor pariwisata diapresiasi oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Menurut Jokowi, kebijakan pemerintah dalam memberikan kesempatan masyarakat membangun sektor pariwisata memberikan warna tersendiri.

Hal ini diungkapkan oleh Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi Kamis (25/6). Orang nomor satu di tataran pemerintah RI itu datang dalam rangka mengecek kesiapan tatanan baru sektor pariwisata di kabupaten ujung ujung Timur Jawa ini. Di Banyuwangi Jokowi meninjau Pasar Pelayanan Publik Rogojampi dan Pantai Solong di Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro.

Presiden Jokowi menilai pembangunan sektor pariwisata di Banyuwangi tidak hanya top down. Namun yang lebih penting ialah keterlibatan masyarakat dalam menyukseskan sektor pariwisata yang menjadi andalan Banyuwangi tersebut. “Saya melihat, pariwisata di Banyuwangi melibatkan masyarakat secara penuh. Terutama dalam mendukung sektor pariwisata,” ujarnya.

Jokowi mencontohkan adanya hotel-hotel di Banyuwangi ditata dengan baik. “Hotel-hotel misalnya, bintang 3 ke bawah semuanya diberikan kepada rakyat. Untuk bintang 4, bintang 5 dan seterusnya diberikan kepada investor,” kata dia.

Jokowi berharap dengan persiapan yang baik ini sektor pariwisata maupun pelayanan publik lainnya dapat dibuka sepenuhnya di era kebiyasaan anyar. “Timing yang tepat dibuka penuh. Masyarakat dan sektor pariwisata betul-betul siap,” cetusnya.

Seperti diketahui kedatangan ke Banyuwangi merupakan kunjungan kerja Jokowi yang pertama kali ke luar daerah di masa adaptasi kebiasaan baru. Pada kesempatan itu Jokowi mengapresiasi Banyuwangi dinilai sangat serius membenahi sektor pariwisata di tengah pandemi agar kembali bergerak. 

Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, pengembangan pariwisata di Banyuwangi memang didesain dengan pelibatan dan pemberdayaan masyarakat. Untuk akomodasi, misalnya, ditetapkan sejak awal bahwa hotel baru di Banyuwangi tidak boleh bintang tiga ke bawah. Semua investor hotel yang ingin berinvestasi wajib membangun hotel bintang tiga ke atas. “Dengan melarang hotel bintang tiga ke bawah, kami ingin menumbuhkan spirit kewirausahaan masyarakat untuk mengembangkan homestay. Karena kalau investor membangun hotel bintang tiga ke bawah, segmentasinya sama dengan homestay milik rakyat, tarifnya kurang lebih sama. Pasti rakyat kalah dong,” paparnya.

Dengan kebijakan tersebut, kini telah tumbuh ratusan homestay di desa-desa dengan potensi wisata di Banyuwangi. Bahkan Desa Tamansari yang terletak di kaki Gunung Ijen ditetapkan sebagai desa wisata terbaik se-Indonesia pada 2017 menurut Kementerian Desa untuk kategori pemanfaatan jejaring bisnis karena sukses mengembangkan bisnis homestay. “Banyak warga kemudian mengubah rumahnya menjadi homestay. Ada dua kamar kosong di rumah, misalnya, direnovasi sedikit, maka jadilah homestay. Homestay rakyat tidak akan tumbuh jika hotel bintang 3 ke bawah berdiri,” ujarnya.

Selain itu, pembangunan dan pengembangan homse stay di Bumi Blambangan juga ditopang oleh kebijakan pemerintah pusat. “Kita juga terbantu karena ada program Presiden Jokowi lewat bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memberi pembiayaan untuk homestay rakyat. Jadi warga yang ingin merenovasi rumahnya menjadi homestay, ada kredit dari bank BUMN,” pungkasnya. (sgt)

(bw/sgt/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia