Selasa, 07 Jul 2020
radarbanyuwangi
Home > Politik & Pemerintahan
icon featured
Politik & Pemerintahan

Partai Demokrat Sodorkan Riccy Antar Budaya sebagai Bacawabup

24 Juni 2020, 10: 50: 59 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

Riccy Antar Budaya

Riccy Antar Budaya

Share this          

BANYUWANGI, – Enam bulan menjelang coblosan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) 2020 sosok bakal kandidat yang bakal meramaikan pesta demokrasi tersebut terus bermunculan. Yang terbaru, Partai Demokrat (PD) menyodorkan Riccy Antar Budaya untuk diusung sebagai calon wakil bupati (cawabup).

Riccy merupakan anggota DPRD Banyuwangi asal PD yang pada Pemilu 2019 terpilih melalui Daerah Pemilihan (Dapil) Banyuwangi III. Dia adalah peraih dukungan terbanyak di antara calon anggota legislatif (caleg) lain yang berkompetisi di dapil yang meliputi wilayah Kecamatan Srono, Muncar, Tegaldlimo, dan Cluring tersebut. Kala itu, Riccy mendapat dukungan sebanyak 10.966 suara.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PD Banyuwangi Michael Edy Hariyanto membenarkan pihaknya menyodorkan Riccy Antar Budaya untuk mendapat rekomendasi sebagai calon wakil bupati (cawabup) dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PD. ”Nama Riccy sudah kami komunikasikan dengan DPP. Sejauh ini kami masih menunggu rekomendasi resmi dari pusat,” ujarnya kemarin (23/6).

Michael mengatakan, saat ini PD memiliki enam wakil di DPRD Banyuwangi. Angka ini setara dengan 12 persen dari total kursi di lembaga wakil rakyat Banyuwangi tersebut. Di sisi lain, Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 mengatur partai politik (parpol) atau gabungan parpol dapat mendaftarkan pasangan calon bupati dan wakil bupati jika telah memenuhi persyaratan perolehan paling sedikit 20 persen kursi DPRD atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah pada pemilihan umum anggota DPRD di daerah yang bersangkutan.

Mengacu peraturan tersebut, imbuh Michael, untuk dapat mengusung cabup-cawabup, PD harus berkoalisi dengan parpol lain. ”Karena menyadari hal itu, kami memosisikan diri untuk menyodorkan bakal calon wakil bupati. Kami akan mencari cabup yang mau bergandengan dengan PD. Untuk itu kami terus berkomunikasi dengan parpol lain,” kata dia.

Michael mengaku nama Riccy sudah disepakati internal pengurus PD telah untuk diusulkan sebagai bakal calon wakil bupati ke DPP. Alasannya, Ketua Umum (Ketum) PD, yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merupakan sosok milenial seperti halnya Riccy. ”Ketum kami adalah milenial dan beliau menginginkan kader milenial tampil di PD,” kata dia.

Sementara itu, sembari menunggu rekomendasi resmi dari DPP PD, pihaknya terus menjajaki koalisi dengan parpol-parpol lain. ”Kami juga mempertimbangkan keinginan masyarakat. Jika masyarakat mendukung Riccy, kami akan terus. Namun kalau masyarakat tidak mendukung, kami akan mengusung kader yang terbaik untuk masyarakat,” pungkasnya.

SEMENTARA itu dikonfirmasi terpisah, Riccy Antar Budaya mengatakan, pihaknya berterima kasih atas kebijakan DPC Partai Demokrat Banyuwangi yang mempercayakan dirinya untuk diusulkan sebagai bakal calon wakil bupati. ”Ini kepercayaan (amanah) yang luar biasa besar sekaligus tidak mudah bagi saya,” ujarnya.

Namun demikian, Riccy menyatakan pihaknya ingin mengembalikan kepercayaan DPC Partai Demokrat tersebut kepada masyarakat. Jika masyarakat menghendaki dirinya maju sebagai cawabup, maka dirinya siap berjuang untuk kepentingan masyarakat. ”Kami di Partai Demokrat ingin keberadaan kami memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk rakyat, khususnya rakyat Banyuwangi,” pungkasnya. (*)

(bw/sgt/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia