Selasa, 07 Jul 2020
radarbanyuwangi
Home > Info Rumah Sakit
icon featured
Info Rumah Sakit
RSU Bhakti Husada Krikilan

Meningkatkan Kesehatan Lansia di Masa Pandemi Covid-19

23 Juni 2020, 20: 50: 59 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

PELANGI: Perawat RSU Bhakti Husada Krikilan memberikan pelayanan khusus pada pasien lansia.

PELANGI: Perawat RSU Bhakti Husada Krikilan memberikan pelayanan khusus pada pasien lansia. (RSU Bhakti Husada FOR JAWAPOS.COM)

Share this          

GLENMORE, Jawa Pos Radar Genteng – Memasuki usia 60 tahun ke atas, tubuh akan mudah terserang penyakit. Sebab, sistem kekebalan tubuh pada kaum lanjut usia (lansia) tidak lebih baik dibandingkan remaja atau orang dewasa. Makanya, pada usia itu, harus menjaga tubuh secara ekstra untuk menjaga imunitas.

Virus korona yang menyerang sistem pernapasan, mudah menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah, salah satunya para lansia, yaitu kelompok orang yang usianya lebih dari 60 tahun. ”Di masa pandemi Covid-19 ini untuk menjaga kesehatan diri lansia di rumah, orang yang kontak langsung harus sehat,” terang Kepala Unit Rawat Jalan RSU Bhakti Husada Krikilan drg Mimit Ari Wibowo

Cara lain, terang drg Mimit, meminimalkan risiko lansia terpapar virus korona dengan cara mencuci tangan sebelum dan sesudah membantu lansia. Memberikan makanan yang sehat dan higienis serta membatasi bepergian ke luar rumah. ”Bila ke luar rumah hanya untuk membeli bahan makanan atau ada keperluan mendesak, seperti mencari pertolongan medis yang darurat,” katanya.

Selain itu, jelas drg Mimit, menerapkan physical distancing, yaitu membatasi kunjungan dan mengajari menggunakan gadget. Melalui gadget mereka bisa melakukan panggilan video dengan keluarga yang tinggal tidak serumah atau kerabatnya dan bisa periksa dokter via telemedicine di RSU Bhakti Husada, Krikilan, Kecamatan Glenmore.

Menurut drg Mimit, untuk menjaga kesehatan lansia di era pandemi Covid-19 ini, RSU Bhakti Husada Krikilan menyiapkan beberapa program di antaranya Poli Telemedicine. Poli ini memberi layanan untuk lansia yang tidak bisa datang ke rumah sakit dan obat bisa diantar ke rumah pasien. ”Poli ini program layanan khusus lansia yang diberi nama Program Peduli Lansia Banyuwangi (Pelangi),” ungkapnya.

Tujuan program ini yakni untuk memprioritaskan para lansia yang akan memanfaatkan pelayanan kesehatan di Poli Rawat Jalan RSU Bhakti Husada. Dan poli ini buka pada Senin–Sabtu pukul 08.00 hingga 14.00 WIB. Untuk kriteria lansia yang dapat mengikuti program ini, yakni berumur di atas 60 tahun, menurunnya fungsi fisik maupun kognitif, memiliki sindrom geriatri, memiliki lebih dari dua macam penyakit, dan obat lebih dari lima macam. Untuk mendaftar ke pelayanan Poli Rawat Jalan bisa mendaftar lewat WhatsApp (WA) ke nomor 081333748556, untuk kondisi kegawatdaruratan bisa menghubungi IGD RSU Bhakti Husada 0333-821118. (abi/c1)

(bw/rio/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia