Selasa, 07 Jul 2020
radarbanyuwangi
Home > Genteng
icon featured
Genteng

Layang-layang Ganggu Kabel PLN

20 Juni 2020, 05: 05: 59 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

TERGANGGU: Petugas menemukan layangan menyangkut di kabel PLN Desa Jajag, Kecamatan Gambiran, Kamis malam (18/6).

TERGANGGU: Petugas menemukan layangan menyangkut di kabel PLN Desa Jajag, Kecamatan Gambiran, Kamis malam (18/6). (KRIDA HERBAYU/JAWAPOS.COM)

Share this          

GAMBIRAN, Jawa Pos Radar Genteng – Layang-layang yang diterbangkan secara bebas, diduga menjadi penyebab padamnya listrik PLN. Itu terjadi di Dusun Petahunan, Desa Jajag, Kecamatan Gambiran pada Kamis malam (18/6).

Manager PLN Kantor Cabang Jajag I Made Boika mengatakan kesadaran masyarakat akan bahaya layang-layang masih sangat kurang. Padahal, dampaknya bisa sangat serius dan mengganggu jaringan listrik. “Listrik korsleting gara-gara kabel layangan,” katanya.

Made tidak melarang bermain layang-layang. Tapi, perlu diingat jika bermain layangan itu harus melihat tempat dan lingkungannya. “Sering kabel diikat lalu ditinggal, tidak ada angin layangannya turun dan kabelnya menyangkut di kabel listrik,” ungkapnya.

Saat ini, jelas dia, sering ditemui anak-anak bermain layang-layang di daerah permukiman padat penduduk, dan itu mengganggu masyarakat. “Warga juga sering komplain listrik mati akibat korsleting listrik yang disebabkan layangan,” cetusnya.

Ia meminta kepada masyarakat yang menerbangkan layangan jangan sampai ditinggal. “Yang dikhawatirkan itu korseleting dan terjadi ledakan di permukiman padat penduduk,” cetusnya.(*)

(bw/kri/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia