Selasa, 07 Jul 2020
radarbanyuwangi
Home > Features
icon featured
Features
Markas Puslatpur 7 Lampon Pesanggaran

Rutin Lari Keliling Pantai Sambil Mengambili Sampah

20 Juni 2020, 11: 35: 59 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

KOMPAK: Prajurit Marinir melakukan bina fisik dengan lari pagi di Pantai Lampon, Desa/Kecamatan Pesanggaran kemarin (19/4).

KOMPAK: Prajurit Marinir melakukan bina fisik dengan lari pagi di Pantai Lampon, Desa/Kecamatan Pesanggaran kemarin (19/4). (KRIDA HERBAYU/JAWAPOS.COM)

Share this          

Di massa pandemi Covid-19, pasukan marinir di Pusat Latihan Pertempuran (Puslatpur) Marinir 7 Lampon, Desa/Kecamatan Pesanggaran, tetap melakukan bina fisik untuk menjaga stamina. Mereka, juga harus menjaga kebersihan pantai.

KRIDA HERBAYU, Pesanggaran.

Pagi itu sinar mentari mulai menunjukan kilaunya. Langkah kaki serdadu, terdengar nyaring di telinga dengan diiringi teriakan dan yel-yel penyemangat. Puluhan prajurit marinir Puslatpur 7 Lampon, bersiap menjalani aktivitas pagi.

Senam peregangan otot pun dimulai. Kegiatan rutin pagi itu langsung dimotori Komandan Puslatpurmar 7 Lampon  Letkol Marinir Dodik Eko Siswanto. Setelah otot mulai regang, para prajurit bergegas menyiapkan barisan untuk melanjutkan aktivitas dengan lari pagi keliling Pantai Lampon di Desa/Kecamatan Pesanggaran.

Deru ombak di Pantai Lampon, seakan ikut memberi semangat para prajurit tersebut. Meski kegiatan itu dilakukan setiap hari, tetap tak menyurutkan semangat para prajurit. “Ini diikuti seluruh prajurit di Puslatpur 7 Lampon,” cetus Letkol Marinir Dodik Eko Siswanto.

Kegiatan bina fisik itu, dilakukan setelah apel pagi dengan tujuan menjaga kebugaran tubuh, agar tidak letih saat melakukan aktivitas. Usai lari pagi, kegiatan dilanjutkan membersihkan sampah yang berserakan di sepanjang Pantai Lampon. “Semua membersihkan sampah dengan memungut di pantai lalu dibuang di tempat yang telah disediakan,” katanya.

Kegiatan bersih-bersih pantai itu, untuk menyelamatkan ekosistem laut dan pesisir agar tetap terjaga dan terlindungi kelestariannya. Selain itu, Marinir juga kerap memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar menjaga kebersihan pantai, dan tidak sembarangan membuang sampah yang dapat merusak ekosistem laut.“Jika pantai bersih, kita juga yang akan menikmati keindahannya,” katanya.

Di tengah pandemi Covid-19, kebugaran tubuh prajurit wajib dijaga. Selain menjaga kesehatan, kegaiatan bina fisik sangat menunjang dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Baik tugas latihan, tugas tempur maupun tugas pendidikan. “Yang terpenting tetap terjaganya sistem imunitas dalam tubuh, sehingga terhindar dari Covid-19,” katanya.

Selain dituntut memiliki tubuh bugar dan sehat, prajurit Marinir juga harus cepat dan tanggap dalam menyelesaikan masalah di lapangan. “Di Puslatpurmar 7 Lampon kami bersinggungan langsung dengan masyarakat nelayan. Kadang kami juga membantu nelayan menarik perahu dan memantau aktivitas nelayan saat gelombang laut tidak bersahabat,” paparnya.

Tak hanya itu, prajurit juga wajib berperan aktif dan merangkul masyarakat sekitar. Terlebih masyarakat sekitar Puslatpurmar 7 Lampon. “Kami juga membantu masyarakat sekitar dalam bidang pembangunan dan ekonomi. Saat ini kami bekerja sama dalam bidang ketahanan pangan,” cetusnya.(*)

(bw/kri/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia