Selasa, 07 Jul 2020
radarbanyuwangi
Home > Edukasi
icon featured
Edukasi

Asrama Taruna Menempati Gedung Unair Banyuwangi

18 Juni 2020, 06: 10: 59 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

CALON ASRAMA : Gedung yang saat ini masih digunakan untuk aktivitas perkuliahan Unair Banyuwangi rencananya akan dijadikan fasilitas pelengkap SMA Taruna Bangsa.

CALON ASRAMA : Gedung yang saat ini masih digunakan untuk aktivitas perkuliahan Unair Banyuwangi rencananya akan dijadikan fasilitas pelengkap SMA Taruna Bangsa. (RAMADA KUSUMA/JAWAPOS.COM)

Share this          

BANYUWANGI – Transformasi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Giri (Smagi) menjadi SMA Taruna Bangsa mendapat apresiasi dari berbagai kalangan masyarakat, terutama calon peserta didik baru. Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah pendaftar tahap I jalur Prestasi Non-Akademik yang dibuka sejak 15–17 Juni lalu.

Kepala SMA Taruna Bangsa Mohamad Mujib mengatakan, program layanan plus yang dimiliki oleh Smagi sebagai SMA Taruna Bangsa yakni mengedepankan penambahan, penguatan, dan penanaman pendidikan karakter pribadi kepada siswa didik. Di antaranya dengan menguatkan kedisplinan, kesamaptaan, bela negara, dan cinta tanah air.

Untuk itu, Smagi menggandeng tiga matra dari TNI-Polri yang ada di Banyuwangi yakni Kodim 0825 Banyuwangi, Lanal Banyuwangi, dan Kapolresta Banyuwangi. ”Inilah yang membedakan SMA Taruna Bangsa dengan SMA taruna lainnya di Jawa Timur,” jelasnya.

Supaya pembekalan pendidikan karakter lebih fokus, imbuh Mujib, ke depannya Smagi akan mengasramakan siswa SMA Taruna Bangsa. ”Untuk saat ini, siswa didik baru tahun 2020/2021 yang diterima nanti masih belum masuk asrama,” ujarnya.

Mujib menambahkan, fasilitas yang ada di Smagi sebenarnya sudah tersedia, termasuk gedung yang akan digunakan sebagai asrama. Namun, hingga saat ini gedung tersebut masih digunakan untuk kegiatan perkuliahan Universitas Airlangga (Unair) Banyuwangi. ”Nantinya, setelah Unair Banyuwangi memiliki gedung sendiri, maka Smagi bisa memanfaatkannya sebagai fasilitas asrama SMA Taruna Bangsa. Untuk sementara ini siswa masih tinggal di rumah atau kos masing-masing,” tandas Mujib.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah (Kacabdinprovwil) Banyuwangi Istu Handono juga mengakui Smagi dalam hal ini SMA Taruna Bangsa sudah cukup memiliki fasilitas untuk menyambut siswa didik baru. Termasuk sarana dan prasarananya, yakni gedung yang nantinya digunakan sebagai asrama taruna. ”Saat ini gedung masih digunakan Unair Banyuwangi. Setelah selesai, dengan maksud Unair memiliki fasilitas sendiri, maka gedung bisa dimanfaatkan maksimal oleh SMA Taruna Bangsa,” tegas Istu.

Smagi atau SMA Taruna Bangsa memang sedikit berbeda dari SMA-SMA taruna yang ada di Jawa Timur. Contohnya SMA Taruna Bhayangkara Banyuwangi, di sana hanya ada satu matra saja. Sedangkan di SMA Taruna Bangsa, akan ada tiga matra TNI-Polri yang siap untuk memberikan bekal pendidikan karakter kepada siswa. (*)

(bw/ddy/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia