Kamis, 28 May 2020
radarbanyuwangi
Home > Ekonomi Bisnis
icon featured
Ekonomi Bisnis
BPJS KESEHATAN BANYUWANGI

Maksimalkan Layanan dan Kanal Digital saat Pandemi

Vika dan Chika Siap Membantu

22 Mei 2020, 10: 37: 54 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

Chika yaitu Efina Amanda telah merasakan manfaat layanan peserta JKN-KIS

Chika yaitu Efina Amanda telah merasakan manfaat layanan peserta JKN-KIS

Share this          

JawaPos.com-Himbauan pemerintah terhadap pentingnya menjaga jarak di masa pandemic Covid-19 saat ini membuat aktivitas yang dilakukan masyarakat menjadi terbatas. Terdapat beberapa kantor pelayanan publik yang tutup untuk sementara dengan tujuan agar dapat mengurangi penyebaran virus Corona. Di masa darurat ini, BPJS Kesehatan telah mengembangkan inovasi media sarana pelayanan kepesertaan JKN-KIS melalui fasilitas berbasis teknologi, sehingga peserta JKN-KIS tetap mendapatkan pelayanan dari BPJS Kesehatan tanpa harus pergi ke kantor. Sebelumnya sudah diperkenalkan kepada masyarakat akan manfaatnya aplikasi Mobile JKN serta Care Center 1500 400, kini BPJS Kesehatan telah berinovasi kembali dengan memunculkan Chat Assistant.

Salah satu peserta JKN-KIS yang telah merasakan manfaat layanan Chika yaitu Efina Amanda (23) salah satu peserta dari segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU). Menurutnya, langkah BPJS Kesehatan dalam mengembangkan pelayanan berbasis digital merupakan langkah yang positif. Efina mengaku merasa tidak kesulitan dalam mengakses layanan terbaru pada Chika.

“Jadi, awal tahu tentang informasi Chika lewat akun resmi media sosial milik BPJS Kesehatan. Nah, dari postingan tersebut saya mengetahui informasi tentang Vika ataupun Chika”, ungkap Efina.

Bermula dari coba-coba fitur saja hingga akhirnya Efina merasa terbantu dengan adanya inovasi Chika tersebut.

“Kebetulan sekali, fitur tersebut sangat bermanfaat buat saya. Terkadang saya juga kesulitan menanyakan status kepesertaan BPJS Kesehatan saya jika melakukan panggilan ke care center biaya pulsa lokalnya sih yang gak murah menurutku. Nah, dengan mengakses Chika ini dari rumah sangatlah terbantu,” lanjut Efina.

Menurut Efina selain Chika dan Vika, peserta JKN-KIS dapat menggunakan aplikasi Mobile JKN yang dapat diakses langsung melalui smartphone masing-masing peserta. Segala kemudahan yang diberikan dapat diakses sesuai kebutuhan dari peserta masing-masing.

“Saya juga sudah pernah mecoba untuk menggunakan aplikasi mobile JKN tersebut. Setelah sering menjelajahi setiap fitur ternyata memudahkan kita untuk mengurus administrasi kepesertaan. Contohnya seperti saya yang ingin pindah fasilitas kesehatan cukup dengan mengoperasikan aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan seluruh peserta JKN-KIS, karena zaman sekarang sudah hampir semua kalangan dapat mengoperasikan media sosial maupun aplikasi telpon genggam. Apalagi dalam masa pandemi seperti saat ini. Aplikasi ini tentunya menjadi solusi untuk segala pengaduan bagi peserta JKN yang sedang membutuhkan," jelas Efina.

Efina pun berharap akan semakin banyak masyarakat yang menggunakan aplikasi Mobile JKN untuk mengakses layanan yang ada dalam program JKN-KIS. Selain efektif dan efisiensi, penggunaan layanan daring juga bisa menghindarkan masyarakat dari potensi tertular Covid-19. (*)

(bw/fre/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia