Kamis, 28 May 2020
radarbanyuwangi
Home > Berita Daerah
icon featured
Berita Daerah
SMKN 1 BANYUPUTIH SITUBONDO

Siswa Buat Keterampilan Masker dan Ciptakan Wedang Anti Virus

Tahun Ini Kirim 8 Siswa Magang ke Jepang

12 Mei 2020, 14: 18: 08 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

BAKTI SISWA: Usai membuat masker sendiri, para siswa/siswi SMKN I Banyuputih langsung membagikan masker secara gratis dipasar-pasar sebagai episentrum perekonomian. Selain masker juga dibagikan sembako

BAKTI SISWA: Usai membuat masker sendiri, para siswa/siswi SMKN I Banyuputih langsung membagikan masker secara gratis dipasar-pasar sebagai episentrum perekonomian. Selain masker juga dibagikan sembako

Share this          

SITUBONDO--SMKN I Banyuputih, Kabupaten Situbondo menunjukkan peranannya mendukung program pemerintah selama Covid 19 berlangsung. Meski kegiatan belajar mengajar dialihkan secara online namun itu tidak menyurutkan langkah untuk berbuat sesuatu  dengan memperhatikan dan melaksanakan anjuran pemerintah tentang sosial distancing  dan physical distancing. Kepedulian SMKN I Banyuputih ditunjukkan mulai dari pembagian masker gratis dipasar-pasar sebagai episentrum perekonomian, pembagian sembako bagi mereka yang kurang mampu dan juga pembuatan wedang arus (anti virus) sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan bakteri, virus ataupun jamur.

Kepala Sekolah SMKN 1 Banyuputih Sigit Hindarum, S.Pd,M.Pd mengatakan, pembuatan masker gratis dibuat oleh siswa-siswi jurusan Tata Busana yang mengerjakan dari rumah dan pembagiannya dilakukan oleh siswa siswi yang tergabung dalam Organisasi siswa intra sekolah (OSIS).

 Selain membuat masker, mereka juga membuat wedang arus (anti virus). Wedang ini dibuat oleh siswa siswi jurusan Agribisnis pengolahan hasil pertanian (APHP).  Terinpirasi dari penelitian yang dilakukan salah satu universitas ternama di Jatim tentang ramuan yang berkhasiat tinggi dalam penanganan virus. Ramuan tersebut akhirnya kami coba diracik menjadi  ramuan instan siap saji yang akhirnya kami beri nama Wedang Arus (anti virus). Apa itu wedang arus? Wedang arus adalah ramuan herbal yang salah satu khasiat yang didalamnya mengandung cukup baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh melawan bakteri, virus dan jamur, sebagai antioksidan, anti tumor dan anti kanker selain itu juga membantu proses detoksifikasi, mengatur tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan hati, menurunkan kadar kolesterol dan juga mengurangi nyeri sendi. “Melihat khasiatnya yang sangat bagus bagi kesehatan diharapkan wedang arus ini mampu menjadi produk unggulan dan mampu mengurangi tingkat peyebaran virus,” kata Sigit.

 Sigit menjelaskan, pada 3 Februari 2020 lalu ada 8 siswa jurusan Teknologi Kapal Penangkap Ikan yang terpilih untuk magang kerja ke Jepang dengan masa kontrak 3 tahun. Namun terkait dengan pandemi ini pemberangkatan mereka ditunda. Kabar baiknya mereka yang berangkat tidak akan bingung lagi dengan ijasah. Kalau tahun tahun sebelumya mereka yang sedang berada dalam karantina bahasa Jepang di Tangerang terpaksa harus pulang terlebih dahulu untuk pengambilan ijasah, namun dengan adanya pandemi mereka yang berangkat sudah bisa membawa ijasahnya sendiri. “Tahun ini adalah tahun ke lima SMKN I Banyuputih mengirimkan putra terbaiknya untuk magang ke Jepang dan kami terus berupaya agar ada pula perwakilan dari siswi yang mau magang kerja ke jepang,” ujarnya kemarin.

 Berbagai terobosan terus dilakukan SMKN I BAnyuputih, dan sebagai upaya menjawab tantangan industri 4.0 kedepan kami juga akan mengembangkan kelas bisnis onlline sebagai salah satu kegiatan ekstra. Pengenalan bisnis online ini adalah sebagai media pemasaran produk produk yang telah diproduksi siswa di unit produksi. Diharapkan dengan adanya kelas bisnis online siswa mampu memanfaatkan internet secara bijak dan kedepan setelah lulus sudah bingung lagi membangun network bisnisnya.

 Berbicara tentang kegiatan ektrakurikuler, sepanjang tahun pelajaran ini banyak sekali kegiatan kegiatan ektrakurikuler yang telah dilakukan. Berbagai kompetisi diikuti sehingga meraih Juara 2 tennis meja putri, juara 3 futsal piala Bupati Cup, juara 3 Basket putri se-Kabupaten Situbondo. Prestasi ini merupakan langkah awal untuk terus berkiprah.

 Untuk tahun pelajaran 2020/2021 SMKN I Banyuputih memberikan kelonggaran kepada calon siswa siswa yang mau mendaftar tanpa perlu repot datang kesekolah. Pendaftaran bisa diakses di instagram: Skansaba.official; http://smkn1banyuputih.sch.id/ atau fanspage facebook Skansaba klik daftar. (*)

(bw/bib/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia