Kamis, 28 May 2020
radarbanyuwangi
Home > Kesehatan
icon featured
Kesehatan

Mampu Tangkal Virus hingga 70%, PDGI Sebar Ribuan Masker Gratis

12 April 2020, 13: 58: 05 WIB | editor : Ali Sodiqin

KOMPAK: Ikatan Dokter Gigi Banyuwangi menyosialisasikan gerakan lawan Covid-19 kepada masyarakat.

KOMPAK: Ikatan Dokter Gigi Banyuwangi menyosialisasikan gerakan lawan Covid-19 kepada masyarakat. (PDGI Banyuwangi For RaBa)

Share this          

JawaPos.com –  Seiring dengan meningkatnya status Banyuwangi menjadi zona merah, maka Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Banyuwangi berinisiatif membuat Gerakan PDGI Peduli. 

Ketua PDGI Cabang Banyuwangi drg Rusydi Zein mengatakan, Gerakan PDGI Peduli ini dikemas dalam bentuk aksi sosial pembagian masker gratis. Gerakan ini dilaksanakan pada Minggu (5/4) dan Jumat (10/4), yang terbagi menjadi 6 lokasi, yakni Pelabuhan ASDP, Pasar Banyuwangi, Pasar Rogojampi, Pasar Purwoharjo, Pasar Bangorejo, dan Pasar Jajag, serta Pasar Genteng Wetan dan Lapangan Maron. 

Kegiatan ini juga dibantu oleh Tim Kesehatan TNI Lanal Banyuwangi yang salah satu anggotanya juga berprofesi sebagai dokter gigi. Hampir seluruh anggota PDGI Cabang Banyuwangi terjun langsung membagikan masker dengan tetap tertib menaati imbauan yaitu menjaga jarak. 

”Jumlah masker yang dibagikan kurang lebih 2.750 buah, yang dihasilkan dari galang dana anggota dan sukarelawan. Masker yang dibagikan tersebut juga hasil dari pemberdayaan UMKM yang terkoordinasi oleh PDGI Cabang Banyuwangi,” kata drg Rusydi.

drg Rusydi menjelaskan, kegiatan ini bisa menjadi gerakan inisiasi untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus korona (Covid-19) khususnya di wilayah Kabupaten Banyuwangi. Sesuai dengan surat edaran Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas tentang peningkatan kewaspadaan, kesiapsiagaan, dan pencegahan penyebaran wabah virus korona (Covid-19) di wilayah Kabupaten Banyuwangi yang ditujukan salah satunya untuk organisasi profesi, dalam hal ini adalah PDGI Cabang Banyuwangi. 

”PDGI Peduli ini bertujuan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya Kabupaten Banyuwangi, untuk tetap menjaga jarak fisik (physical distancing) dan tidak keluar rumah terkecuali dalam keadaan mendesak (social distancing). Diikuti dengan adanya imbauan pemerintah per 5 April 2020, untuk ’Wajib Pakai Masker’ ketika berada di luar rumah. Sesuai hasil penelitian, masker kain dapat menangkal virus sebesar 70%,” kata drg Rusydi.

(bw/*/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia