Kamis, 28 May 2020
radarbanyuwangi
Home > Kesehatan
icon featured
Kesehatan

Tak Perlu lagi Antri Panjang, Puskesmas Gladag Terapkan Antrian Online

06 April 2020, 17: 03: 34 WIB | editor : AF. Ichsan Rasyid

SUDAH MAJU: Puskesmas Gladak siap terapkan antrian online.

SUDAH MAJU: Puskesmas Gladak siap terapkan antrian online. (BPJS KES BANYUWANGI FOR JAWAPOS.COM)

Share this          

Banyuwangi, Jawa Pos Radar Banyuwangi –  Dalam kesempatan ini BPJS Kesehatan Banyuwangi menjalin komitmen bersama dengan Dinas Kesehatan Banyuwangi untuk menerapkan sistem antrian online.

“Komitmen tersebut disepakati untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi peserta JKN-KIS. Antrean elektronik ini dapat memberikan kepastian waktu layanan kepada peserta,” kata Wahyu Santoso Kepala BPJS Kesehatan Banyuwangi.

Zaenal Abidin Kepala Puskesmas Gladag mengatakan bahwa puskesmas Gladag telah mengimplementasikan sistem antrian online sejak awal Februari 2020. Menurutnya inovasi tersebut sangat membantu para pekerja puskesmas dan juga pasien yang datang.

“Penerapan sistem antrean online ini karena kami ingin meningkatkan pelayanan pada pasien, agar mereka tidak menunggu terlalu lama di puskesmas. Dan sekarang semenjak ada antrian online ini pasien lebih terarah,” ungkapnya.

Kepala Puskemas sekaligus dokter umum yang sering terjun melayani pasien ini juga menambahkan bahwa dulu sebelum hadirnya antrean online petugas banyak menulis tetapi berkat antrean online petugas tidak perlu repot lagi menulis karena sudah terinput secara otomatis. Puskesmas Gladag yang setiap harinya melayani kurang lebih dua puluh lima pasien JKN-KIS, juga menganggap bahwa pasiennya saat ini, ada beberapa yang sudah paham tentang antrian online dan Mobile JKN. Walaupun masih banyak yang kurang memahami cara pengambilan antrian online pada aplikasi Mobile JKN.

“Dengan adanya antrian online ini akan mempermudah puskesmas dalam pelayanan dan kepuasaan pasien. Kalau dulu kita harus menyebutkan satu-satu nomor antrian. Sekarang dengan antrian online pemanggilan nomor akan otomatis dilakukan oleh sistem,” ujar Zaenal

Selain penerapan sistem antrian online, juga akan dilakukan edukasi kepada peserta JKN-KIS terkait tata cara menggunakan sistem antrian tersebut.

Saat ini terdapat puskesmas Gladag yang sudah menerapkan antrean online. Selain kedua puskesmas tersebut juga akan di ikuti secara serentak oleh empat puluh lima puskesmas lainnya di wilayah kabupaten Banyuwangi. Diharapkan dengan adanya komitmen ini, semoga secara bertahap dapat diterapkan sistem antrian online oleh puskesmas lainnya sehingga kemudahan inovasi tersebut dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat di Banyuwangi. (*)

(bw/mls/ics/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia