Jumat, 10 Apr 2020
radarbanyuwangi
Home > Kesehatan
icon featured
Kesehatan

Siaga Korona, Penumpang Kapal Dapat Hand Sanitizer

12 Maret 2020, 11: 05: 59 WIB | editor : Syaifuddin Mahmud

ANTISIPASI KORONA: Pramugari kapal memberikan hand sanitizer kepada penumpang kapal tujuan Ketapang-Gilimanuk, kemarin.

ANTISIPASI KORONA: Pramugari kapal memberikan hand sanitizer kepada penumpang kapal tujuan Ketapang-Gilimanuk, kemarin. (RAMADA KUSUMA/RaBa)

Share this          

BANYUWANGI - Merebaknya virus korona juga diantisipasi oleh jajaran otoritas Pelabuhan ASDP Ketapang. Untuk memberikan rasa aman, pihak operator kapal memberikan hand sanitizer bagi penumpangnya.

       Operator kapal juga memberikan minuman herbal yang dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Pemberian hand sanitizer ini dilakukan oleh petugas di pintu masuk ruang penumpang. Setiap penumpang langsung diberikan cairan pembersih kuman secukupnya. ”Saya senang ada upaya pencegahan dari pihak kapal,”ujar Dewi Agustin, 21 penumpang asal Jember.

       Wanita yang sering pulang pergi dari Jember ke Bali itu mengaku khawatir dengan penyebaran virus korona. Terutama dari atas kapal yang menjadi tempat berkumpulnya banyak orang, baik dari dalam maupun luar negeri. ”Khawatir juga, kami lebih menjaga kesehatan dan kebersihan saja. Saya senang pihak kapal ada kepedulian pada penumpangnya,” ujar Riko Gunawan, penumpang lainnya.

       Selain pemberian hand sanitizer, pengelola kapal juga membagikan minuman herbal seperti temulawak dan jahe yang siap seduh. Minuman herbal ini dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Pihak operator kapal penyeberangan menyatakan, pembagian hand sanitizer dan minuman herbal ini sebagai langkah pencegahan penyebaran virus korona. ”Ini upaya antisipasi bagaimana penumpang terhindar dari penyebaran virus korona sekaligus memberikan kenyamanan kepada mereka,” jelas Sunaryo, Manager PT Dharma Lautan Utama.

       Menurut Sunaryo, penyeberangan di Selat Bali sangat rawan karena menghubungkan Pulau Jawa dengan Bali. Seperti diketahui, Bali merupakan destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan asing. Setiap harinya, puluhan bahkan ratusan wisatawan menggunakan jasa Penyeberangan Ketapang–Gilimanuk.

       ”Virus korona sudah menyebar hampir di seluruh negara di dunia. Ini sangat rawan, terutama dari Bali ke Banyuwangi. Mudah-mudahan dengan cara seperti ini bisa memberi rasa nyaman bagi masyarakat,” tegasnya.

       Ketua Gapasdap Cabang Banyuwangi Putu Widiana mengaku sudah ada rencana dari para operator kapal yang dikoordinasi KKP untuk melakukan penyemprotan di atas kapal. Penyemprotan desinfektan akan dilakukan di bagian-bagian kapal yang disentuh oleh penumpang. ”Dalam waktu dekat akan dilakukan. Kemarin sudah rapat bersama. Kita juga ingin melakukan pencegahan,” pungkasnya. (fre/aif/c1)

(bw/fre/aif/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia