Selasa, 25 Feb 2020
radarbanyuwangi
icon featured
Edukasi

Tim LPDP LP2M Unej Paparkan Hasil Riset Budaya Banyuwangi

24 Januari 2020, 18: 49: 51 WIB | editor : Ali Sodiqin

MONEV: Ketua Tim Periset Prof Dr Novi Anoegrajekti MHum memaparkan hasil riset di hadapan mitra riset di kantor Disbudpar, kemarin.

MONEV: Ketua Tim Periset Prof Dr Novi Anoegrajekti MHum memaparkan hasil riset di hadapan mitra riset di kantor Disbudpar, kemarin. (NOVI ANOEGRAJEKTI FOR RABA)

Share this          

JawaPos.com – Tim Periset LPDP LP2M Universitas Jember (Unej) memaparkan hasil riset dalam acara monitoring dan evaluasi (monev) hasil riset. Monev berlangsung di kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Jumat kemarin (24/1).

Monev didukung oleh reviewer dari LPDP Prof Dr Sumardjo, tim periset, dan mitra riset, yaitu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Ketua Yayasan Kiling Osing Banyuwangi, dan Ketua Sanggar Tari ”Sayu Sarinah”. Hadir pula perwakilan dari peserta pelatihan keterampilan yang sudah menghasilkan produk dari materi yang diperoleh selama pelatihan.

Ketua Tim Periset Prof Dr Novi Anoegrajekti MHum menjelaskan, riset produktif berjudul ”Optimalisasi Potensi Budaya Using dan Industri Kreatif Banyuwangi untuk Meningkatkan dan Kesejahteraan” tahun kedua ini berlangsung tahun 2019 dan merupakan tindak lanjut dari riset tahun pertama. Fokus riset pada peningkatan lima keterampilan dan menindaklanjuti naskah akademik ”Optimalisasi Potensi Budaya Using Banyuwangi” menjadi naskah legal drafting yang disampaikan kepada Bagian Hukum Pemkab Banyuwangi untuk ditindaklanjuti menjadi Perda.

Lima keterampilan yang dikembangkan melalui kegiatan pelatihan adalah pembuatan batik gandrung, pembuatan film dokumenter, penulisan dan pembacaan narasi Seblang Bakungan, penulisan cerita rakyat berbasis gandrung dan ritual Seblang, dan manajemen industri kreatif. ”Produk pelatihan berupa desain batik gandrung sudah dipamerkan pada acara ekspo produk yang diselenggarakan pada tanggal 31 Juli 2019 di Universitas Jember,’’ kata Novi.

Produk pelatihan film dokumenter berupa film pendek mengenai ritual Seblang Bakungan. Produk pelatihan narasi Seblang berupa naskah narasi Seblang Bakungan yang sudah digunakan dan dipraktikkan pada penyelenggaraan Seblang Bakungan tahun 2018 dan 2019.

Pelatihan penulisan cerita rakyat menghasilkan enam cerita rakyat yang dimuat dalam buku Modul Cerita Rakyat. Sedangkan pelatihan manajemen industri kreatif  disampaikan secara umum untuk membekali para peserta pelatihan yang akan berkecimpung dalam bidang kewirausahaan.

Kelima keterampilan yang telah diperoleh menjadi modal awal untuk dikembangkan agar menjadi semakin profesional. ”Masing-masing pelatihan diikuti oleh sepuluh peserta yang berasal dari generasi muda. Hal itu mengandung maksud agar keterampilan yang dimiliki dapat bermanfaat dalam jangka panjang,’’ beber Novi.

Hingga saat ini, riset Rispro LPDP telah menghasilkan luaran berupa beberapa artikel ilmiah yang dipresentasikan pada berbagai forum pertemuan ilmiah, termasuk kuliah umum di Universitas Negeri Jakarta dan di Universitas Gadjah Mada. Luaran lainnya berupa naskah legal drafting Ranperda Optimalisasi Potensi Budaya Banyuwangi dan tiga modul pelatihan. Sedangkan dua modul lagi masih dalam proses penerbitan.

Keempat modul yang terbit sudah mendapatkan HKI. HKI dari film pendek mengenai ritual Seblang Bakungan. Kelima modul yang dihasilkan akan diserahkan kepada mitra riset, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar dapat dimanfaatkan untuk memberikan pelatihan-pelatihan sejenis.

Paparan Prof Dr Novi Anoegrajekti MHum mendapat respons dari  Prof Dr Sumardjo. Dia mengucapkan terima kasih atas hasil yang telah dicapai. HKI dan publikasi internasional pada mulanya tim masih ragu. Akan tetapi hasilnya diraih pada tahun kedua yang telah menghasilkan 12 sertifikat dan enam publikasi internasional.

Hal itu menunjukkan kerja keras tim yang kompak dan serius. Anggota tim reviewer lainnya, Yudo Windianto  memberi masukan agar film dokumenter disertai penyebutan nama tempat dan narasi dalam bahasa Inggris supaya dapat diunggah melalui website LPDP. Reviewer lainnya, Nur Rahmawati lebih fokus pada masalah keuangan.

Dr Abdul Latif Bustami MSi dari Universitas Negeri Malang (anggota tim periset) sempat bertanya kepada mitra riset dan stakeholder. Dia menanyakan apakah riset ini dihentikan atau dilanjutkan. Secara aklamasi, mitra riset, stakeholder, dan masyarakat mengharapkan riset akan tetap dilanjutkan.

REFRESHING: Tim Periset LPDP LP2M Unej, reviewer,  dan mitra riset berkunjung ke Taman Terakota, Desa Tamansari, kecamatan Licin.

REFRESHING: Tim Periset LPDP LP2M Unej, reviewer, dan mitra riset berkunjung ke Taman Terakota, Desa Tamansari, kecamatan Licin. (NOVI ANOEGRAJEKTI FOR RABA)

(bw/aif/als/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia